Pengaruh model Problem Based Learning menggunakan Liveworksheet terhadap literasi sains peserta didik pada materi ekosistem

Nufus, Istiqomah Nurrobiatun (2023) Pengaruh model Problem Based Learning menggunakan Liveworksheet terhadap literasi sains peserta didik pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan literasi sains masih relatif rendah, terbukti dari kesulitan peserta didik dalam mengintegrasikan fenomena di lingkungan dengan konsep materi yang dipelajari dikarenakan model pembelajaran belum mengarah pada pengembangan kemampuan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem based learning menggunakan liveworksheet terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi ekosistem. Penelitian Mixed Method dengan desain nonequivalent control group design. Data diperoleh melalui pengisian lembar observasi, pretest-posttestt kemampuan literasi sains dan angket respon peserta didik. Sampel diperoleh melalui teknik puposive sampling terdiri dari masing-masing 36 orang peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Garut. Perolehan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 100% sedangkan keterlaksanaan aktivitas peserta didik sebesar 93,4% pada kategori sangat baik. Peningkatan kemampuan literasi sains kelas eksperimen berkriteria sedang dengan perolehan 0,61sedangkan kelas kontrol berkriteria sedang dengan perolehan 0,54. Hasil uji statistik Mann-Whitney menunjukkan terdapat perbedaan signifikan literasi sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan sig.(2-tailed) 0,034 < 0,05. Hasil perolehan rata-rata angket respon peserta didik sebesar 70,10% pada kategori baik. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa model problem based learning menggunakan liveworksheet berpengaruh terhadap literasi sains peserta didik pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains; Liveworksheet; Problem Based Learning (PBL).
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Istiqomah Nurrobiatun Nufus
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:28
Last Modified: 12 Sep 2023 08:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77019

Actions (login required)

View Item View Item