Hubungan antara sertifikasi pendidik dan profesionalisme tenaga pendidik: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se Kota Bandung

Sholeh, Shibghatulloh Muhammad Ridho Ibrahim (2023) Hubungan antara sertifikasi pendidik dan profesionalisme tenaga pendidik: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Di era modern saat ini Pendidikan disekolah sekolah merupakan satu komponen yang sangat penting, harus terencana, terarah dan dapat membina potensi siswa dalam menguasai ilmu pengetahuan, keterampilan juga sangat menentukan corak masa depan bangsa. Untuk dapat mewujudkan itu semua maka dibutuhkannya tenaga pendidik yang profesional terampil dan memiliki kualifikasi dan kompetensi, ditandai dengan diberikannya sertifikat sebagai tanda bahwa pendidik telah memenuhi persyaratan dan lulus uji kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sertifikasi Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung, untuk mengetahui tingkat Profesionalisme Tenaga Pendidik Se-Kota Bandung, dan mengetahui Hubungan Antara Sertifikasi Pendidik dan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 83 pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan analisis instrument (validitas dan reliabilitas), analisis parsial per indikator (uji realitas variabel X dan uji realitas variabel Y) analisis korelasi (uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi, uji determinasi). Hasil penelitian menunjukkan Hubungan antara Sertifikasi Pendidik dan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung memperoleh nilai yaitu 0,75 artinya bahwa variabel x dengan variabel y memiliki korelasi dengan derajat hubungan pada tingkat kekuatan yang “Kuat” karena berada pada kategori 0,61 s/d 0,80 dan bentuk hubungannya positif. Dikatakan positif karena semakin tinggi tingkat Sertifikasi Pendidik makan semakin tinggi juga Profesionalisme Tenaga Pendidik. Kemudian R Square (R2) atau nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,330 ini menunjukan persentase hubungan variabel (X) Sertifikasi Pendidik dengan variabel (Y) Profesionalisme Tenaga Pendidik 33%. Hal ini menunjukan hubungan yang diberikan variabel Sertifikasi Pendidik Cukup Tinggi, sedangkan sisanya 67% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hubungan; Sertifikasi; Profesionalisme; Tenaga Pendidik; Madrasah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ridho Muhammad
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:40
Last Modified: 12 Sep 2023 08:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77059

Actions (login required)

View Item View Item