Etos kerja Nelayan : Studi tentang kerja keras, kerja cerdas dan kerja Ikhlas masyarakat pesisir Pantai Santolo di Desa Mancagahar Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut

Putri, Mutiara Cahyani (2023) Etos kerja Nelayan : Studi tentang kerja keras, kerja cerdas dan kerja Ikhlas masyarakat pesisir Pantai Santolo di Desa Mancagahar Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Masyarakat nelayan, berbeda dengan masyarakat petani dan pedagang yang identik dengan kemiskinan, memiliki banyak anak, rendahnya tingkat pendidikan, pembatasan pemenuhan kebutuhan dasar dan tidak menentunya penghasilan. Nelayan didasari semangat kerja tinggi untuk bertahan hidup. Semangat yang tinggi membutuhkan impian dan kemampuan kuat yang berdampak pada etos kerja nelayan yang diperlukan untuk meningkatkan produktifitas kerja dan memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui potret etos kerja, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan dampak etos kerja terhadap kehidupan nelayan di suatu Desa di Kabupaten Garut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Max Weber (1958) yang mengemukakan bahwa agama, budaya serta etika protestan sangat berpengaruh terhadap faktor penentu munculnya kapitalisme di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Dalam teori Max Weber (1985) mengemukakan bahwa etos kerja didorong tiga hal pokok. Pertama, kebutuhan dasar hidup (subsisten) yang harus dipenuhi untuk keberlangsungan hidupnya. Kedua, keluarga, dengan keinginan untuk membahagiakan anak dan istri. Ketiga, bekerja merupakan kewajiban yang harus dijalankan. Tiga hal tersebut saling berkaitan dengan potret etos yang dimiliki nelayan, faktor apa saja yang mempengaruhi, dan bagaimana dampak etos kerja terhadap kehidupan nelayan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan jenis penelitian lapangan field research melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan potret masyarakat nelayan sudah menerapkan etos kerja dengan baik dalam pekerjaannya seperti kerja keras, kerja cerdas serta kerja ikhlas. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi etos kerja nelayan yaitu penghasilan atau gaji, lingkungan, keluarga, agama, pendidikan, budaya dan motivasi. Dampak dari penerapan etos kerja terhadap kehidupan nelayan yaitu terpenuhinya kebutuhan hidup nelayan seperti sandang (makan), pangan (pakaian) dan papan (rumah), keinginan untuk membahagiakan keluarga dan mengembangkan diri nelayan dengan dapat mengatur waktu dengan baik, disiplin agama dan meningkatkan skill nelayan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja; Masyarakat; Nelayan; Kerja Keras; Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mutiara Cahyani Putri
Date Deposited: 13 Sep 2023 00:54
Last Modified: 13 Sep 2023 00:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77073

Actions (login required)

View Item View Item