Bimbingan keagamaan melalui metode Sentra Imtaq untuk meningkatkan motivasi belajar Shalat pada Anak Usia Dini : Penelitian di TK Roudlatul Athfal YAHIB Kabupaten Bekasi

Safira, Assyifa Widya (2023) Bimbingan keagamaan melalui metode Sentra Imtaq untuk meningkatkan motivasi belajar Shalat pada Anak Usia Dini : Penelitian di TK Roudlatul Athfal YAHIB Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa masalah yang muncul yaitu belum semua anak memiliki kesadaran diri untuk melakukan segala sesuatu dilandasi dan dimaknai dengan ibadah, sehingga mereka harus dibimbing secara terus menerus agar anak memiliki motivasi untuk terus belajar shalat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan di TK Roudlatul Athfal YAHIB, mengetahui penerapan metode sentra iman dan taqwa di TK Roudlatul Athfal YAHIB serta mengetahui hasil dari pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui metode sentra iman dan taqwa dalam meningkatkan motivasi belajar shalat pada anak usia dini di TK Roudlatul Athfal YAHIB. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori motivasi yang dikemukakan oleh Abraham Maslow dalam fomenky (2015). Menurut Maslow, seseorang harus memenuhi kebutuhannya yang paling rendah barulah naik ke jenjang yang lebih tinggi dan seterusnya sehingga dia bisa mengaktualisasikan dirinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Data dari hasil observasi dan wawancara di dokumentasikan berupa data verbatim, catatan, gambar, rekaman suara dan video kemudian dianalisa dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pelaksanaan bimbingan keagamaan di TK Roudlatul Athfal YAHIB yaitu melalui: a) Bimbingan Wudhu dan Shalat, b) Bimbingan Membaca dan Menulis Al-Qur’an, c) Bimbingan Akhlak. Pada TK tersebut terdapat pembelajaran sentra Imtaq yang dilaksanakan melalui empat pijakan, yaitu: a) Pijakan lingkungan main, b) Pijakan sebelum main, c) Pijakan saat main, d) Pijakan setelah main. Adapun hasil dari pelaksanaan bimbingan keagamaan di TK Roudlatul Athfal YAHIB dalam meningkatkan motivasi belajar shalat pada anak mampu menjadikan anak terbiasa melakukan perilaku yang sesuai dengan tuntunan agama islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Sentra Imtaq; Motivasi Belajar Shalat
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Assyifa Widya Safira
Date Deposited: 13 Sep 2023 00:55
Last Modified: 13 Sep 2023 01:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77081

Actions (login required)

View Item View Item