Pengaruh Cash Ratio dan Debt To Equity Ratio terhadap Return On Investment pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi PT. Rukun Raharja Tbk. Periode 2012–2021

Apriliansyah, Hendri (2023) Pengaruh Cash Ratio dan Debt To Equity Ratio terhadap Return On Investment pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi PT. Rukun Raharja Tbk. Periode 2012–2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh asumsi teori Cash Ratio yang besar mencerminkan Return On Investment yang tinggi dan Debt To Equity Ratio yang besar mencerminkan Return On Investment yang rendah. Masalah yang akan muncul apabila Cash Ratio mengalami peningkatan pada Return On Investment mengalami kenaikan dan Debt To Equity Ratio yang menaik Return On Investment menurun, seperti yang terjadi pada PT. Rukun Raharja Tbk. periode 2012-2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cash Ratio secara parsial terhadap Return On Investment, Pengaruh Debt To Equity Ratio secara parsial terhadap Return On Investment, dan pengaruh Cash Ratio dan Debt To Equity Ratio secara simultan terhadap Return On Investment yang diteliti pada PT. Rukun Raharja Tbk. Periode 2012-2021. Kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada beberapa pendapat ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi Cash Ratio maka Return On Investment semakin tinggi dan semakin tinggi Debt To Equity Ratio maka Return On Investment semakin rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis dekriptif dengan pendekatan kuantitaif. Sumber data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan PT. Rukun Raharja Tbk. periode 2012-2021. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji asosiatif dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) secara parsial Cash Ratio terbukti berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment dengan nilai perbandingan thitung dengan ttabel yaitu -2,275 > 1,812 . (2) Secara parsial Debt To Equity Ratio terhadap Return On Investment terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment dengan nilai perbandingan thitung dengan ttabel yaitu -1,574 < 1,812. (3) Secara simultan bahwa Cash Ratio dan Debt To Equity Ratio terhadap Return On Investment tidak berpengaruh signifikan dengan nilai perbandingan Fhitung dengan Ftabel yaitu 2,593 < 3,257.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cash Ratio; Debt To Equity Ratio dan Return On Investment
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Hendri Apriliansyah
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:09
Last Modified: 13 Sep 2023 02:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77115

Actions (login required)

View Item View Item