Pengaruh kegiatan Kafilah dakwah terhadap peningkatan kemampuan Khithabah mahasiswa Akademi Dakwah Indonesia : Penelitian di Akademi Dakwah Indonesia Aqabah

Asrul, Ninda Naufalia Ulfa (2023) Pengaruh kegiatan Kafilah dakwah terhadap peningkatan kemampuan Khithabah mahasiswa Akademi Dakwah Indonesia : Penelitian di Akademi Dakwah Indonesia Aqabah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_cover)
Cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (1_abstrak)
Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (1_daftarisi)
3_Daftar Isi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (1_bab1)
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (1_bab2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (1_bab3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (1_bab4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (1_daftarpustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Khithabah merupakan salah satu upaya metode dakwah dan menjadi salah satu paradigma dakwah populer yang mengawali dinamika dakwah karena dianggap efektif. Dalam penyampaian dakwah melalui media lisan, tentu dibutuhkan keterampilan dan berbagai pengetahuan agar proses penyampaiannya dapat berjalan lancar, sehingga para mahasiswa maupun calon da’i harus memiliki kemampuan dakwah bil-lisan, diantaranya dengan mempelajari ilmu khithabah. Akademi Dakwah Indonesia Aqabah hadir sebagai salah satu wadah yang menjadi pusat kaderisasi da’i ilallah untuk pengembangan dakwah Islam atas dasar Iman dan Taqwa, menuju mencapainya ketahanan umat dan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan Kafilah Dakwah, mengetahui bagaimana kemampuan khithabah mahasiswa setelah mengikuti kegiatan Kafilah Dakwah, dan mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan Kafilah Dakwah terhadap peningkatan kemampuan khithabah mahasiswa Akademi Dakwah Indonesia Aqabah. Kerangka pemikiran penelitian ini menggunakan teori pengaruh komunikasi dari Lavidge dan Steiner yang menyatakan bahwa pengaruh dalam ilmu komunikasi memiliki definisi efek yang terjadi setelah dilakukannya pengutaraan pesan, hal ini mengakibatkan terjadinya perubahan tiga dimensi efek komunikasi, yakni kognitif, afektif, dan konatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian survei dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Jenis data yang digunakan yakni data kuantitatif, hasil akhir dalam penelitian ini dapat diukur dengan angka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara dan penyebaran kuesioner kepada responden. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan Kafilah Dakwah memiliki pengaruh yang kuat terhadap kemampuan khithabah mahasiswa, hal ini dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana yang menunjukkan terdapatnya pengaruh positif dan signifikan antara kegiatan Kafilah Dakwah dengan peningkatan kemampuan khithabah mahasiswa sebesar 1.156 dan rata-rata kemampuan khithabah mahasiswa sebesar 83.89% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Peningkatan; Kemampuan; Khithabah
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ninda Naufalia Ulfa Asrul
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:08
Last Modified: 13 Sep 2023 01:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77137

Actions (login required)

View Item View Item