Pemberdayaan ekonomi berbasis kewirausahaan sosial : Studi deskriptif Indonesia Youth Sociopreneur pada orang tua siswa Sekolah Terbuka Firdaus Arcamanik Kota Bandung

Falah, Hasrul Nur (2023) Pemberdayaan ekonomi berbasis kewirausahaan sosial : Studi deskriptif Indonesia Youth Sociopreneur pada orang tua siswa Sekolah Terbuka Firdaus Arcamanik Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masif tidak dapat dijadikan sebagai tolak ukur terselesaikannya permasalahan yang timbul di masyarakat contohnya seperti kemiskinan yang dapat diartikan sebagai ketidakberdayaan ekonomi. Kemiskinan masih menjadi permasalahan yang serius dan harus diselesaikan karena apabila hal tersebut tidak diselesaikan maka akan menyebabkan permasalahan baru yang berdampak bagi kesejahteraan sosial. Salah satu kasus konkrit yang terjadi di Indonesia adalah pemerataan akses pendidikan yang disebabkan oleh lemahnya faktor ekonomi. . Dengan demikian, ekonomi suatu masyarakat sudah sepatutnya untuk diberdayakan sehingga kesejahteraan sebagai cita-cita suatu bangsa dapat dicapai oleh setiap golongan masyarakat. Berangkat dari kondisi tersebut, Indonesia Youth Sociopreneur (IYS) hadir sebagai organisasi yang meyakini bahwa faktor ekonomi dan pendidikan merupakan dua aspek yang berkesinambungan dan harus diselesaikan. IYS mengkombinasikan aspek sosial dengan bisnis melalui pemberdayaan ekonomi berbasis kewirausahaan sosial yang dapat menjadi solusi inovatif dan berkelanjutan dalam pembangunan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IYS berupaya untuk memberdayakan orang tua siswa sekolah terbuka Firdaus melalui pemberdayaan berbasis kewirausahaan sosial yang dapat dikategorikan menjadi dua yaitu microbusiness dan microfinance. Adapun keberlangsungan pemberdayaan yang dilakukan oleh IYS berjalan secara inovatif dan kolaboratif dengan berbagai stakeholders. Hasil yang dapat dilihat dari pemberdayaan yang dilakukan oleh IYS mengarah pada dua aspek yaitu peningkatan secara materialis dan aspek sosial yang didapatkan secara langsung oleh orang tua siswa Sekolah Terbuka Firdaus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Indonesia Youth Sociopreneur; Kewirausahaan Sosial; Pemberdayaan Ekonomi
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to The Poor
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hasrul Nur Falah
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:28
Last Modified: 13 Sep 2023 04:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77148

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item