Manajemen Layanan Operator Education Managemen Information System (EMIS) Madrasah Aliyah Negeri dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang

Adawiah, Siti Hanah (2023) Manajemen Layanan Operator Education Managemen Information System (EMIS) Madrasah Aliyah Negeri dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak (1).pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena Layanna EMIS yang belum efektif dan efisien. Terlepas dari itu user/operator menjadi sebuah permasalahan yang timbul akibat tidak sepenuhnya paham terhadap sebuah teknologi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut dari layanan penerapan EMIS. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ralph M Steir dan Edward Deming. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari: Operator sekolah, Operator pusat (kemenag), orangtua. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya: a) Perencanaan manjemen layanan operator EMIS di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten sumedang. Sejauh ini perencanaan operator Madrasah Aliyah Negeri sudah terlaksana secara efektif dan signifikan mulai dari pengadaan pertemuan dengan orangtua siswa dan stakeholder serta proses alur pengumpulan data mulai dari pengumpulan data mentah dan menangkap data siswa, kemudian di input lalu sampai dikirimkan ke pusat kemenag. b) Pelaksanaan manjemen layanan operator EMIS di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten sumedang. 1) pengadaan pelatihan, 2) komunikasi lebih interaktif, 3) 3) memperkuat kolaborasi dalam mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. c) Evaluasi manjemen layanan operator EMIS di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten sumedang. Sejauh ini, evaluasi yang paling utama yaitu mengenai kevalidasian data yang akan digunakan sebagai pengambilan keputusan. d) Tindak Lanjut manajemen layanan operator EMIS di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten sumedang Dalam menindaklanjut ini salah satunya adalah pendataan pendidikan yang berperan dalam menunjang proses perencanaan dan pengambilan kebijakan program yang dikelola oleh Kementerian Agama, Hal ini lebih menekankan agar penggunaan bantuan tersebut Tepat Guna dan Tepat Sasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; EMIS; Madrasah Aliyah Negeri; Kemenag; Layanan
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
General Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Hanah Adawiah
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:11
Last Modified: 13 Sep 2023 01:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77172

Actions (login required)

View Item View Item