Peran Pondok Pesantren dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat : Studi deskriptif di Pesantren Al-Huda Rawahanja, Desa Padamaju, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur

Muhlis, Abdul (2023) Peran Pondok Pesantren dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat : Studi deskriptif di Pesantren Al-Huda Rawahanja, Desa Padamaju, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)

Abstract

Problematika yang sering dialami oleh kalangan masyarakat Kampung Rawahanja Desa Padamaju, diketahui dari segi tata cara beribadah dan kurangnya ilmu dalam mengetahui hukum-hukum ajaran Islam. Hal tersebut disebabkan karena rendanya pemahaman dalam aspek pengetahuan keagamaan, sehingga terjadi kekurangan dan kevakuman dalam memahami agama Islam secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran pondok pesantren dalam meningkatkan pemahaman keagamaan. Pembahasannya diarahkan untuk menjawab masalah yang berhubungan dengan konsep, implementasi, dan hasil implementasi konsep pembelajaran hybrid di pondok pesantren. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang indikator keagamaan Glock dan Stark, yaitu keyakinan, ritualistik, eksperensial, intelektual, dan konsekuensial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan meggunkan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Pengembangan Masyarakat Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, konsep pemahaman keagamaan yang digunakan Pesantren Al-Huda adalah metode hybrid dengan menggabungkan pengajaran salafiyah dan khalafiyah yang bersifat sorogan, interaktif, penugasan, dan berbasis diskusi yang diimplementasikan kepada masyarakat Kampung Rawahanja melalui program syahriahan, pembacaan ratib, pengajian mingguan, ziarah kubur, dan peringatan hari besar Islam. Hasil dari implementasi tersebut adalah pertama, meningkatnya ketahuidan kepada Allah Swt., kedua, meningkatnya pengetahuan keagamaan masyarakat, ketiga meningkatnya tingkat ritual ibadah masyarakat, keempat pengalaman atau penghayatan masyarakat terhadap agama, dan kelima masyarakat telah menerapkan aspek-aspek sosial dari agama dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pesantren Al-Huda berkontribusi dalam peran meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat Kampung Rawahanja Desa Padamaju Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesantren; Pemahaman Keagamaan; Masyarakat
Subjects: Islam
Islam > Rites, Prayer
Customs of People
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Abdul Muhlis
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:43
Last Modified: 13 Sep 2023 06:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77175

Actions (login required)

View Item View Item