Strategi dakwah Ustaz Asfranza dalam mencetak penghafal Al-Qur’an : Studi deskriptif di Ma’had Darul Qur’an Al Madani desa Pangkalan Jaya Kec. Babat Toman Kab. Musi Banyuasin

Sholeh, Muhammad Mukhlish Amalu (2023) Strategi dakwah Ustaz Asfranza dalam mencetak penghafal Al-Qur’an : Studi deskriptif di Ma’had Darul Qur’an Al Madani desa Pangkalan Jaya Kec. Babat Toman Kab. Musi Banyuasin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Ustaz Asfranza adalah seorang tokoh masyarakat yang menyebarkan dakwah melalui lembaga pendidikan pesantren. Mendirikan pesantren berbasis Al-Qur'an yang bernama Ma’had Darul Qur’an Al Madani Desa Pangkalan Jaya tahun 2020. Salah satu faktor yang melatarbelakangi Ustaz Asfranza mendirikan pesantren adalah terjadinya krisis moral generasi muda di Desa Pangkalan Jaya. Perbuatan yang begitu masif tersebut mendorong keinginan Ustaz Asfranza untuk mengubah kebiasaan generasi muda di Desa Pangkalan Jaya menjadi lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perumusan strategi dakwah Ustaz Asfranza dalam mencetak penghafal Al-Qur’an, untuk mengetahui implementasi strategi dakwah yang dilakukan Ustaz Asfranza dalam mencetak penghafal Al-Qur’an dan untuk mengetahui evaluasi strategi dakwah Ustaz Asfranza dalam mencetak penghafal Al-Qur’an. Kerangka pemikiran penelitian ini menggunakan teori strategi dakwah dari Fred R. David yang menyatakan bahwa strategi dakwah memiliki tahapan yang harus dilaksanakan yakni perumusan, implementasi dan evaluasi. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer atau sumber data utama yang diperoleh dari wawancara langsung pada Ustaz Asfranza sebagai Pimpinan Ma’had Darul Qur’an Al-Madani dan sumber data sekunder berupa dokumen, struktur organisasi serta program kerja sebagai sumber data pendukung dari data utama. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi dakwah Ustaz Asfranza dalam mencetak penghafal Al-Qur’an di Ma’had Darul Qur’an telah dilaksanakan dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti, perumusan strategi dakwah Ustaz Asfranza yang terdiri dari penetapan visi misi, tujuan dakwah, sasaran dakwah dan target dakwah. Selanjutnya implementasi strategi dakwah yang didalamnya terdapat program tahsin, tahfidz dan tafhimul qur’an sebagai penunjang untuk merealisasikan tujuan dakwah . Serta evaluasi strategi dakwah yang telah dilakukan Ustaz Asfranza dengan mengukur target dakwah yang telah berhasil dilaksanakan terbukti dengan tercapainya target tahun pertama santri telah menuntaskan hafalan juz ke-30 serta penerapan makharijul dan hukum tajwid yang benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Dakwah; Al-Qur’an; Perumusan; Implementasi; Evaluasi
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Mukhlish Amalu Sholeh
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:06
Last Modified: 14 Sep 2023 01:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77176

Actions (login required)

View Item View Item