Partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan sosial melalui implementasi program Desa Berdaya Rumah Zakat : Penelitian di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung

Awalinda, Siti Eriana (2023) Partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan sosial melalui implementasi program Desa Berdaya Rumah Zakat : Penelitian di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy

Abstract

Berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan sosial, perlu adanya program pemberdayaan yang dilakukan dengan melibatkan partisipasi masyarakat dan kerja sama antar berbagai pihak. Akan tetapi, pihak-pihak tersebut hanya berperan sebagai fasilitator. Rumah Zakat merupakan lembaga yang bertugas mengelola berbagai dana sosial melalui program pemberdayaan masyarakat, salah satunya program desa berdaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan dan implementasi program desa berdaya di Desa Cibiru Wetan, serta hasil dan evaluasi program desa berdaya terhadap kesejahteraan sosial di Desa Cibiru Wetan. Landasan pemikiran mengacu pada teori partisipasi masyarakat menurut Siti Hajar, yang menyatakan bahwa partisipasi merupakan keikutsertaan seseorang atau sekelompok orang dengan penuh kesadaran dan bersifat sukarela dalam suatu proses pembangunan yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring sampai pada tahap evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis dan menjelaskan partisipasi masyarakat desa Cibiru Wetan pada program desa berdaya. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi di Desa Cibiru Wetan, hasil wawancara bersama pihak Rumah Zakat, fasilitator program, pemerintah desa, dan perwakilan masyarakat, disertai dengan hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses perencanaan program desa berdaya di Desa Cibiru Wetan, dilakukan melalui tiga rangkaian kegiatan yaitu sosialisasi program, social mapping, dan penyusunan action plan. Implementasinya dilakukan melalui tiga kegiatan pemberdayaan, yaitu program capacity building, ekonomi, dan kesehatan. Hasil yang dirasakan dengan adanya program ini adalah munculnya partisipasi masyarakat serta meningkatnya kesejahteraan sosial di bidang ekonomi dan kesehatan. Evaluasi program dilakukan dengan cara pelaporan secara bertahap dari kader kepada fasilitator, kemudian kepada lembaga, dan disampaikan kembali kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Desa Berdaya; Kesejahteraan Sosial; Partisipasi Masyarakat; Program Pemberdayaan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Communities
Communities > Movement of People to, from, within Communities
Communities > Villages
Civil Rights > Citizen Participation
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Eriana Awalinda
Date Deposited: 14 Sep 2023 00:45
Last Modified: 14 Sep 2023 00:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77203

Actions (login required)

View Item View Item