Variabilitas, Heritabilitas serta penampilan karakter Agronomi Padi Lokal Dataran Tinggi asal Garut di Kawasan Dataran Medium

Ramdani, Dadan (2023) Variabilitas, Heritabilitas serta penampilan karakter Agronomi Padi Lokal Dataran Tinggi asal Garut di Kawasan Dataran Medium. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Pengembangan padi lokal untuk menghasilkan varietas yang unggul dapat dilakukan dengan program pemuliaan tanaman yaitu melalui proses seleksi. Keberhasilan seleksi sangat bergantung kepada besaran nilai variabilitas dan heritabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai variabilitas dan heritabilitas padi lokal dataran tinggi asal Garut. Waktu penelitian dilaksankan pada bulan Maret sampai Juli 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode rancangan acak kelompok dengan 8 aksesi padi lokal dataran tinggi asal Garut serta 2 padi varietas unggul pembanding. Hasil penelitian menunjukan nilai variabilitas genotipe yang luas pada karakter panjang helai daun, jumlah daun per rumpun, umur berbunga, jumlah malai per rumpun, dan jumlah gabah per rumpun. Nilai variabilitas fenotipe luas pada karakter panjang helai daun, lebar helai daun, jumlah daun per rumpun, umur berbunga, jumlah malai per rumpun dan jumlah gabah per rumpun. Nilai heritabilitas yang tinggi pada karakter panjang helai daun, tinggi tanaman, umur berbunga, jumlah daun per rumpun dan jumlah gabah per rumpun. Potensi hasil yang tinggi dari varietas pembanding didapatkan oleh karakter panjang helai daun, umur berbunga dan jumlah gabah per rumpun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Hanya diizinkan publish file cover dan abstrak oleh program studi
Uncontrolled Keywords: Heritabilitas; padi lokal; pemuliaan; variabilitas
Subjects: Administration of Economy > Administration of Agriculture
Specific Techniques of Agriculture > Historical, Geographic, Person Treatment of Agriculture
Specific Techniques of Agriculture > Hybrids Agriculture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: dadan ramdani
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:55
Last Modified: 13 Sep 2023 03:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77218

Actions (login required)

View Item View Item