Pengasuhan anak keluarga penerima manfaat pada bimbingan kelompok Family Development Session menggunakan pola asuh demokratis: Penelitian Program Keluarga Harapan di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut

Kartini, Tina (2023) Pengasuhan anak keluarga penerima manfaat pada bimbingan kelompok Family Development Session menggunakan pola asuh demokratis: Penelitian Program Keluarga Harapan di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Kepribadian anak akan dipengaruhi oleh pola pengasuhan yang diterapkan oleh orangtuanya dirumah. Namun, masih banyak orangtua belum bisa memahami dan mengerti bagaimana pola pengasuhan yang tepat kepada anaknya karena keterbatasan pengetahuan dan informasi yang didapatkan. Untuk itu melalui kegiatan Family Development Session memberikan pemahaman mengenai materi pengasuhan anak yang baik sehingga diharapkan mampu merubah cara mengasuh anak. Namun, pada kenyataannya di lapangan menunjukan bahwa masih terdapat peserta PKH yang belum mampu mengendalikan emosi, kerjasama antara suami dan istri dalam pengasuhan anak kurang, serta terdapat orangtua yang terlalu memanjakan anak sehingga segala keinginan anak dipenuhi. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengasuhan anak keluarga penerima manfaat sebelum mengikuti Bimbingan Kelompok Family Development Session, untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan kelompok Family Development Session, dan untuk mengetahui pola pengasuhan keluarga penerima manfaat setelah mengikuti Bimbingan Kelompok Family Development Session. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah peserta PKH yang bertempat di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pengasuhan keluarga penerima manfaat pada bimbingan kelompok Family Development Session dalam menggunakan pola asuh demokratis terdapat beberapa keluarga penerima manfaat yang mampu mengubah pola pengasuhannya. Sehingga masih sangat beragam mulai dari pola pengasuhan otoriter, demokratis, dan indulgent. Sedangkan pada proses pelaksanaan bimbingan kelompok Family Development Session terdapat modul sebagai acuan pelaksanaan dalam kegiatan bimbingan kelompok dimulai dari langkah awal, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta analisis dan tindak lanjut. Dalam pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan teknik ceramah, diskusi, sosiodrama, dan permainan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengasuhan Anak; Bimbingan; Kelompok
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Applied Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Tina Karti Nana Tina
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:40
Last Modified: 13 Sep 2023 02:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77222

Actions (login required)

View Item View Item