Bimbingan keislaman untuk membentuk perilaku jujur pada siswa: Studi deskriptif pada siswa Kelas VIII SMPIT Al-Khoiriyyah Garut

Dewi Nurasiah, Neng (2023) Bimbingan keislaman untuk membentuk perilaku jujur pada siswa: Studi deskriptif pada siswa Kelas VIII SMPIT Al-Khoiriyyah Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVEER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Kejujuran sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat perilaku jujur ini akan berpengaruh dalam kehidupan seseorang. Kejujuran merupakan sikap mulia yang harus ditanamkan oleh setiap manusia. Pada siswa kejujuran menjadi bekal penting yang mana akan memberikan dampak besar terhadap proses pembelajarannya untuk meraih suatu cita-cita. Bimbingan keislaman untuk membentuk kejujuran pada siswa menjadi jalan yang efektif untuk dilakukan dan ditanamkan dalam kehidupan individu. Hal inilah yang juga dilaksanakan pada siswa di SMPIT Al-Khoiriyyah Garut, karena bimbingan keislaman dapat mendorong manusia untuk mencapai kepuasan dan ketenangan batin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui metode bimbingan keislaman, pembiasaan bimbingan keislaman, dan hasil bimbingan keislaman untuk membentuk perilaku jujur pada siswa SMPIT Al-Khoiriyyah Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode tersebut dapat memberikan gambaran secara faktual sesuai yang terjadi dilokasi penelitian, penggunaan ini dilakukan untuk menganalisis dan mendeskripsikan, menggali secara maksimal dan mendalam data-data terkait. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini didasari oleh konsep yang dikemukakan oleh Zakiyah Darajat (1996:86-87) menyatakan bahwa, bimbingan keislaman merupakan suatu proses pemberian bantuan untuk memberi dorongan kepada individu melalui pendekatan agama islam agar individu memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Agama islam adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan untuk membina, membangun, agar dapat membantu pilihan-pilihan secara bijaksana. Dalam penyesuaian diri terhadap tuntunan-tuntunan hidup. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode bimbingan keislaman yang digunakan di SMPIT Al-Khoiriyyah yaitu menggunakan metode Hikmah melalui pemberian pengetahuan keislaman dengan ceramah, menonton video islami, pemberian motivasi, sanksi serta diskusi. Pembiasaan yang dilakukan siswa untuk membentuk kejujuran yaitu dengan pembiasaan pengevaluasian shalat berjamaah, shalat dhuha, shalat tahajud, puasa sunnah, dan infak. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan metode bimbingan dan pembiasaan memperlihatkan efek yang positif. Hasil ini diperoleh dari pembelajaran dan pembiasaan yang diterapkan, dengan ditunjukan pemahaman siswa terhadap pengetahuan keislaman semakin bertambah diiringi perbuatan nyata, siswa memahami dan melaksanakan sikap jujur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keislaman; Jujur; Perilaku
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Neng Dewi Nurasiah
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:21
Last Modified: 13 Sep 2023 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77223

Actions (login required)

View Item View Item