Manajemen strategik pengembangan kompetensi profesional guru: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kota Tasikmalaya

Fitri, Gita (2023) Manajemen strategik pengembangan kompetensi profesional guru: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kota Tasikmalaya. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masih rendahnya kompetensi yang dimiliki guru madrasah di Indonesia. Kesempatan pemberdayaan sumber daya manusia kurang dipergunakan oleh para guru, baik melalui penataran, keikutsertaan untuk mengikuti seminar pendidikan, pendidikan lanjut gelar, maupun keterlibatan secara aktif untuk mengikuti berbagai kegiatan ilmiah terutama pendalaman materi mata pelajaran yang diajarkannya. Oleh sebab itu informasi pengetahuan yang diberikan guru kepada siswa hanya terbatas pada pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh guru yang bersangkutan. Maka dari itu, madrasah perlu menerapkan strategi yang dapat membantu proses pengembangan kompetensi guru dengan didukung manajemen strategik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manajemen strategik pengembangan kompetensi professional guru. Proses penelitiannya mengikuti rumusan masalah yang telah disusun sesuai dengan teori yang ada. Hal tersebut meliputi formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi pengembangan kompetensi professional guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kota Tasikmalaya. Adapun untuk pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, display hingga verifikasi, dan terakhir data di absahkan melalui triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa formulasi strategi yang digunakan melalui penentuan visi, misi, kekuatan dan kelemahan internal, peluang dan ancaman eksternal, tujuan jangka Panjang, serta penerapan strategi. Kedua madrasah tersebut membuat visi dan misi yang sesuai dengan kebutuhan di masa depan, melakukan analisis internal dan eksternal madrasah sehingga dapat menunjang tercapainya visi dan misi dalam pengembangan kompetensi profesional, seperti MGMP, KKG, PKB, workshop, in-house training dan studi banding dengan menerapkan strategi-strategi yang ada. Implementasi strategi yang digunakan yaitu tujuan tahunan sebagai bahan evaluasi kepala Madrasah untuk mencapai tujuan jangka panjang. Kebijakan yang dibuat ditetapkan secara bermusyawarah dan dituangkan dalam bentuk tata tertib. Sedangkan motivasi yang diberikan kepala madrasah dengan mendorong guru supaya mengikuti pelatihan-pelatihan serta memberikan reward. Dan untuk pengalokasian sumberdaya sendiri sudah sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan yang berlaku di madrasah. Evaluasi strategi yang digunakan melalui meninjau faktor internal dan eksternal yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Mengukur kinerja dengan mengadakan evaluasi mingguan dan bulanan, serta adanya kelas visit minimal satu tahun sekali. Mengambil tindakan korektif, selalu dilakukan dengan bermusyawarah bersama guna menunjang tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik; Pengembangan; Kompetensi Profesional Guru
Subjects: Islam Umum
Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Gita Fitri
Date Deposited: 14 Sep 2023 05:43
Last Modified: 14 Sep 2023 05:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77225

Actions (login required)

View Item View Item