Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank KB Bukopin Syariah tahun 2016-2022.

Agustiana, Yesica (2023) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank KB Bukopin Syariah tahun 2016-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari gagasan pemikiran penulis bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Return On Equity (ROE) pada Bank KB Bukopin Syariah. Return On Equity merupakan salah satu rasio profitabilitas, dapat dijadikan sebagai indikator yang dapat menampilkan kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba/keuntungan. Berdasarkan teori yang ada, Capital Adequacy Ratio sebagai rasio permodalan bank dapat menaikan jumlah ROE, sedangkan Biaya Operasional Pendapatan Operasional jika jumlahnya terlalu besar, maka akan menurunkan jumlah ROE. Hal ini tidak selaras dengan hasil perhitungan yang dilakukan oleh penulis pada laporan keuangan PT. Bank KB Bukopin Syariah. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana pengaruh antara Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Equity (ROE) secara parsial, menganalisis dan mengetahui bagaimana pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Retrun On Equity (ROE) secara Parsial, menganalisis dan mengetahui bagaimana pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Retrun On Equity (ROE) secara simultan pada PT. Bank KB Bukopin Syariah Tahun 2016-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu laporan keuangan PT. Bank KB Bukopin Syariah tahun 2016-2022. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji T dan Uji F untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Return On Equity (ROE) baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Capital Adequacy Ratio berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return On Equity pada PT. Bank KB Bukopin Syariah Tahun 2016-2022 dengan nilai thitung < ttabel yaitu -0,318 > 2,086. Sedangkan secara parsial pada Biaya Operasional Pendapatan Operasional berpengaruh negatif signifikan terhadap Return On Equity pada PT. Bank KB Bukopin syariah Tahun 2016-2022 dengan nilai thitung > ttabel -3,599 > 2,086. Selanjutnya, secara simultan diketahui bahwa Capital Adequacy Ratio dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Equity pada PT. Bank KB Bukopin Syariah Tahun 2016-2022 dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 7.357 > 3,49.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: CAR;BOPO;ROE
Subjects: Financial Economics, Finance > Capital
Financial Economics, Finance > Banks
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Yesica Agustiana
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:12
Last Modified: 13 Sep 2023 01:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77226

Actions (login required)

View Item View Item