Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI melalui penggunaan metode Index Card Match: Penelitian tindakan Kelas di Kelas VII B SMPN 1 Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya

Fitriani, Serli (2023) Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI melalui penggunaan metode Index Card Match: Penelitian tindakan Kelas di Kelas VII B SMPN 1 Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang permasalahan penelitian ini, rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI disebabkan metode pembelajaran yang digunakan masih umum sehingga kurang efektif dalam proses pembelajaran. Maka dari itu peneliti mencoba menerapkan metode Index Card Match. Metode Index Card Match sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII B SMPN 1 Leuwisari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII B SMPN 1 Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum menggunakan metode Index Card Match; 2) Mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII B SMPN 1 Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya; dan 3) Mengetahui peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII B SMPN 1 Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya setelah menggunakan metode Index Card Match setiap siklus. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar diantaranya yaitu penggunaan metode pembelajaran. Metode Index Card Match diasumsikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikarenakan memiliki kelebihan mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan sehingga siswa akan lebih semangat serta antusias dalam belajarnya, lebih cermat dan mudah untuk memahami dan mengingat suatu materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tahapan pra siklus terlebih dahulu. Pendekatan yang digunakan adalah mixed method, yaitu pendekatan kuantitatif dan kuali tatif. Data diambil dari angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa 1) Motivasi belajar siswa kelas VII B SMPN 1 Leuwisari sebelum menggunakan metode Index Card Match rata-rata persentase motivasi belajar siswa 32,72% (rendah). 2) Proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode Index Card Match berjalan dengan lancar di setiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas guru mengalami peningkatan sebanyak 27,7% yang awalnya 83,3% (baik) menjadi 100% (sangat baik). Aktivitas siswa mengalami peningkatan sebanyak 25,87% yang awalnya55,24% (kurang) menjadi 81,11% (baik).. 3) Motivasi belajar siswa setelah menggunakan metode Index Card Match mengalami peningkatan Pada awalnya motivasi belajar siswa rendah 32,72% meningkat sebanyak 26,14% menjadi 58,86% dengan kategori sedang pada siklus I. Kemudian mengalami peningkatan kembali pada siklus II sebanyak 13,86% menjadi 72,72% dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan; Motivasi Belajar Siswa; PAI; Index Card Match
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Serli Fitriani
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:13
Last Modified: 13 Sep 2023 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77241

Actions (login required)

View Item View Item