Pengaruh integritas dan kompetensi audior internal syariah terhadap kualitas Audit: Studi kasus pada Bank Syariah di Kabupaten Garut

Liahari, Iqrar Maulana (2023) Pengaruh integritas dan kompetensi audior internal syariah terhadap kualitas Audit: Studi kasus pada Bank Syariah di Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kasus pemberian sanksi administratif kepada pimpinan BJB Syariah Pusat karena melakukan tindak kecurangan untuk pembangunan Garut Super Blok pada PT. Hastuka Sarana Karya pada 2014 serta adanya bebarapa auditor internal pada bank syariah di Kabupaten Garut yang tidak menjalankan tugas sesuai dengan peraturan sehingga terjadi fraud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh integritas auditor internal syariah terhadap kualitas audit; mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi auditor internal syariah terhadap kualitas audit; mengetahui bagaimana pengaruh secara simultan integritas dan kompetensi auditor internal syariah terhadap kualitas audit pada bank syariah di Kabupaten Garut. Integritas adalah salah satu sikap yang harus dimiliki oleh auditor berupa etika dan moral, kejujuran dan tanggung jawab dalam melakukan audit. Kompetensi adalah salah satu sikap yang harus dimiliki oleh auditor berupa pengetahuan dan keahliannya dalam melakukan audit. Kualitas audit adalah kemungkinan auditor dalam menemukan pelanggaran pada sistem keuangan perusahaan dan menyajikannya pada laporan audit dengan berpedoman pada standar dan kode etik yang berlaku. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan cara penyebaran kuesioner kepada Bank Syariah di Kabupaten Garut. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis uji validitas dan reliabilitas, analisis uji asumsi klasik, uji hipotesis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial integritas berpengaruh terhadap kualitas audit dengan nilai probabilitas sebesar 0,021 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,516 lebih besar dari t tabel sebesar 2,037 ; secara parsial kompetensi berpengaruh terhadap kualitas audit dengan nilai probabilitas sebesar 0,046 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,103 lebih besar dari t tabel sebesar 2,037 ; dan secara simultan integritas dan kompetensi berpengaruh terhadap kualitas audit dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil taraf signifikansi 0,05 dan nilai F hitung sebesar 12,268 lebih besar dari F tabel sebesar 3,28.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Integritas; Kompetensi; Kualitas Audit
Subjects: Accounting
Accounting > Auditing
Accounting > Private Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Iqrar Maulana Liahari
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:31
Last Modified: 13 Sep 2023 04:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77255

Actions (login required)

View Item View Item