Bimbingan impelementasi Salat Duha bagi anak dengan Retardasi Mental di SLB Darul Hidayah Kota Bandung

Muliani, Hikmah (2023) Bimbingan impelementasi Salat Duha bagi anak dengan Retardasi Mental di SLB Darul Hidayah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan implementasi salat dalam hal ini salat sunnat duha adalah suatu upaya dari guru untuk membimbing para peserta didiknya yakni anak dengan retardasi mental untuk dapat menjalankan salat duha. Ini dilaksanakan sebagai pengenalan dan pelaksanaan salah satu ibadah yang selain terdapat ibadah wajib bagi seluruh muslim mukalaf, terdapat juga ibadah sunnat. Meski anak dengan retardasi mental secara syariat gugur kewajiban atas mereka untuk menjalankannya karena hambatan intelegensia yang mereka alami. Penelitian berkenaan dengan ibadah salat duha bagi anak dengan retardasi mental ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman bahwa salat adalah salah satu ibadah yang utama dalam agama Islam. Yang mana untuk dapat melaksanakannya terdapat syarat, rukun dan kewajibannya. Selain itu juga untuk melatih kedisiplinan, melatih emosi dan sebagai suatu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Bimbingan ialah suatu proses upaya untuk memberikan bantuan dalam mengatasi kesulitan-kesulitan hidupnya atau aktifitasnya kepada individu atau kelompok. Salat ialah ibadah kepada Allah SWT dengan perbuatan dan bacaan tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam disertai dengan rukun dan syarat tertentu. Retardasi mental ialah suatu keadaan individu dimana fungsi intelektualitasnya berada dibawah rata-rata, berdampak pada perilaku adaptifnya dan termanifestasikan selama masa perkembangannya. Adapun metodologi penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk memperoleh data dengan cara observasi, wawancara dan kajian-kajian pustaka secara teoritis. Hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa anak dengan retardasi mental dapat atau mampu mengimplementasikan salat sesuai dengan kapasitas mereka dengan menggunakan metode bimbingan ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi dan metode drill atau pengulangan. Hasil yang diperoleh pun cukup memuaskan meski tidak sebaik pelaksanaan salat dari anak-anak normal pada umumnya, dan praktiknya dapat memberikan manfaat baik itu bagi guru, anak dalam hal ini peserta didik, serta orang tua atau wali peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Salat; Retardasi Mental
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Islam > Salat
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Hikmah Muliani
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:55
Last Modified: 14 Sep 2023 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77284

Actions (login required)

View Item View Item