Peran pemberdayaan masyarakat melalui program Buruan Sehat, Alami, Ekonomis : Penelitian di RW 02 Desa Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung

Annisa, Siti (2023) Peran pemberdayaan masyarakat melalui program Buruan Sehat, Alami, Ekonomis : Penelitian di RW 02 Desa Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1 .pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Kesejahteraan pangan sangat bergantung pada kondisi lahan pertanian, namun di daerah perkotaan lahan pertanian semakin mengecil. Masalah ini mengancam kesejahteraan di daerah perkotaan. Maka dari itu perlu adanya pemberdayaan masyarakat agar masyarakat tidak bergantung pada pemerintah dalam hal memenuhi kebutuhan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pemberdayaan masyarakat dalam pelaksanaan program Buruan SAE, partisipasi masyarakat hingga hasil dari program pemberdayaan masyarakat dalam upaya kemandirian pangan dan pemeliharaan lingkungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori pemberdayaan Edi Suharto yang dikaitkan dengan teori peran. Pemberdayaan masyarakat merupakan proses dan tujuan, untuk pencapaian tujuan pemberdayaan dilakukan dengan menerapkan pendekatan pemberdayaan, yaitu: pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan kegiatan Program Buruan SAE, seperti pemilahan sampah, pengomposan, penanaman dan peternakan. Pelaksanaan program Buruan SAE dilakukan dengan menerapkan pendekatan pemberdayaan yang biasa disingkat 5P, yaitu pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan dan pemeliharaan. Peran pemberdaya masyarakat dan partisiasi masyarakat sangat berpengaruh dalam mencapai keberhasilan program pemberdayaan. Keberhasilan program Buruan SAE dapat dikatakan berhasil karena masyarakat dapat merasakan manfaatnya salah satunya masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk budidaya tanaman sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Serta pemilahan sampah organik dan anorganik yang dapat dimanfaatkan kembali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pemberdayaan; Masyarakat; Program Buruan SAE; Pangan.
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Annisa
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:11
Last Modified: 13 Sep 2023 07:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77300

Actions (login required)

View Item View Item