Pengaruh minuman keras terhadap kondisi Nafs Lawwamah pada pelaku tindak pidana usia remaja : Studi kasus di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung

Rachmadiani, Shofi (2023) Pengaruh minuman keras terhadap kondisi Nafs Lawwamah pada pelaku tindak pidana usia remaja : Studi kasus di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy

Abstract

Di era milenial seperti sekarang ini dengan permasalahan hidup yang semakin beragam, mampu mendasari terbentuknya prilaku remaja menjadi negatif yang mampu merugikan diri sendiri maupun orang lain. Salah satu bentuk perilaku negatifnya yaitu kriminalitas atau tindak pidana. Beberapa remaja dengan latar belakang kasus kejahatan yang berbeda berada dibawah pengaruh minuman keras saat melakukan tindak kejahatan. Hal itu yang kemudian berpengaruh terhadap kondisi nafs lawwamah pada beberapa anak tersebut. Ketika seseorang merasa bersalah, ia akan merenungkan apa yang telah diperbuatnya, mengkritik dirinya sendiri, merasa menyesal, bahkan sampai terus menerus menyalahkan diri dan sulit untuk berdamai dengan masa lalunya yang telah ia perbuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas para pelaku tindak pidana usia remaja dalam mengkonsumsi minuman keras, bagaimana pengaruh dari minuman keras terhadap kondisi nafs lawwamah pada pelaku tindak pidana usia remaja, serta pengaruh banyak atau tidaknya penggunaan minuman keras terhadap kondisi nafs lawwamah yang menimbulkan tindakan pidana pada usia remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif, dimana pendekatan yang dipakai dalam meneliti suatu populasi atau sampel dengan teknik pengambilan datanya yang dilakukan dengan menyebarkan angket kuesioner dan dokumentasi. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu studi lapangan di LPKA Kelas II Bandung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa intensitas para pelaku tindak pidana usia remaja dalam mengkonsumsi minuman keras tidak terlalu signifikan, tidak semua tindak pidana usia remaja tersebut di akibatkan oleh minuman keras karena beberapa diantaranya memang sudah ada keinginan untuk melakukan tindak pidana tersebut. Sehingga minuman keras bukan menjadi faktor utama yang mempengaruhi tindak kejahatan yang dilakukan oleh para remaja sebelum mereka menjadi anak didik lapas. Selanjutnya, terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaruh minuman keras terhadap kondisi nafs lawwamah pada pelaku tindak pidana usia remaja di LPKA Kelas II Bandung, dengan nilai signifikasi sebesar 0,036. Pada nilai tersebut mengartikan bahwa minuman keras dengan nafs lawwamah memiliki hubungan korelasi yang cukup. Lalu, banyak atau tidaknya mengkonsumsi minuman keras tidak memiliki pengaruh yang signifikan untuk para pelaku tindak pidana usia remaja untuk melakukan tindak kejahatan. Serta kondisi nafs lawwamah tidak memiliki pengaruh yang signifikan juga terhadap para pelaku tindak pidana usia remaja setelah melakukan tindak kejahatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minuman Keras; Nafs Lawwamah; Tindak Pidana; dan Usia Remaja;
Subjects: Islam > Sufi Orders
Social Welfare, Problems and Services > Alcohol Problems
Criminology > Criminal Psychology
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Shofi Rachmadiani
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:46
Last Modified: 13 Sep 2023 07:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77310

Actions (login required)

View Item View Item