Pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal melalui pengembangan Desa Wisata : Studi deskriptif Sari Ater Desa Palasari Kecamatan Ciater Kabupaten Subang

Fatoni, Miftahul (2023) Pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal melalui pengembangan Desa Wisata : Studi deskriptif Sari Ater Desa Palasari Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover digilib.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Miftahul Fatoni Wisuda Kertas Jeruk (2)-2.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi digilib.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1 digilib.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2 digilib.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3 digilib.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4 digilib.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Miftahul Fatoni Wisuda Kertas Jeruk (2)-126-128.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan ekonomi di masyarakat, salah satunya melalui pengembangan desa wisata. Contohnya adalah Desa Wisata Palasari, yang aktif dalam pemberdayaan ekonomi dengan mengoptimalkan potensi pariwisata desa melalui kerja sama dengan objek wisata PT. Sari Ater hot spring water and recreation. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi program pemberdayaan Desa Wisata Palasari dan peran pemerintah desa dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat implementasi pemberdayaan Desa Wisata Palasari dalam mengatasi permasalahan ekonomi yang ada. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan masyarakat. Menurut Suhartiningsih (2004:189) Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya yang dilakukan untuk memberikan dukungan kepada masyarakat guna mengembangkan potensi dan keterampilan mereka sendiri. Tujuan dari pemberdayaan ini adalah agar masyarakat dapat menjadi mandiri dalam menghadapi tantangan yang dihadapi serta mampu mengambil keputusan yang tepat dalam kehidupan mereka.Pada penelitian ini, digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data melibatkan observasi langsung di lokasi penelitian,wawancara langsung dengan informan, dan pengambilan dokumentasi terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal melalui pengembangan desa wisata. Hasil penelitian Program pemberdayaan Desa Wisata Palasari Ciater berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja. Kerjasama antara Pemerintah Desa dan pengelola objek wisata berperan penting dalam kesuksesan program ini. Dampak positifnya mencakup peningkatan pemahaman masyarakat tentang sumber daya alam dan potensi Desa Palasari, peningkatan pengetahuan tentang desa wisata melalui program pemberdayaan ekonomi, peningkatan modal usaha masyarakat, dan adanya peluang usaha baru terutama dalam bidang kerajinan lokal yang dipamerkan di lokasi wisata dan mampu bersaing dengan produk sejenis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: DESA WISATA; PEMBERDAYAAN EKONOMI
Subjects: Culture and Institutions > Economic Institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: miftahul fatoni
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:04
Last Modified: 13 Sep 2023 08:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77319

Actions (login required)

View Item View Item