Pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk kemandirian melalui Koperasi KSP Swadana Karya Perkasa : Studi deskriptif di Cibiru Indah VIII Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Pertiwi, Sonia Putri (2023) Pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk kemandirian melalui Koperasi KSP Swadana Karya Perkasa : Studi deskriptif di Cibiru Indah VIII Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy

Abstract

Sonia Putri Pertiwi. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat untuk Kemandirian melalui Koperasi KSP Swadana Karya Perkasa ( Kurangnya sumber daya dan peluang keuangan (modal) menjadi salah satu faktor terjadinya kemiskinan, masyarakat miskin sering menghadapi kendala dalam mengakses modal dan kredit. Tantangan ini dapat dipenuhi melalui instrumen keuangan alternatif seperti koperasi simpan pinjam. Koperasi Swadana Karya Perkasa ikut ambil bagian dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya kepada para anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi yang dilakukan oleh Koperasi Swadana Karya Perkasa dalam rangka pemberdayaan dan pemandirian ekonomi masyarakat pada aras miko, mezzo dan makro, mengetahui hasil koperasi KSP Swadana Karya Perkasa dalam mencapai keberdayaan dan kemandirian ekonomi masyarakat, dan mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat pada program pemberdayaan dan pemandirian ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh koperasi KSP Swadana Karya Perkasa di Cibiru Indah VIII Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori strategi pemberdayaan menurut Suharto (2005) menyatakan bahwa strategi pemberdayaan dapat dilaksanakan melalui tiga tingkatan atau dimensi (empowerment setting), yaitu strategi mikro, mezzo dan makro. Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, Teknik perolehan data dengan cara observasi ke kantor koperasi dan rumah-rumah anggota, wawancara dengan pihak internal koperasi, para anggota yang memperoleh pinjaman, dan stakeholders lain, serta penelaahan data sekunder yang relevan. Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk strategi yang dilakukan oleh Koperasi KSP Swadana Karya Perkasa dalam rangka pemberdayaan dan pemandirian ekonomi masyarakat pada aras mikro, mezzo dan makro yang berupa program dan kegiatan : pemupukan modal anggota, Pengawasan (monitoring), membuka akses kemitraan usaha (channeling), pendampingan dan konsultasi usaha (mentoring), membuka akses terhadap informasi tepat guna, pemupukan modal tingkat koperasi, Recruitment petugas lapangan dan pelibatan anggota dalam kegiatan organisasi koperasi; (2) hasil koperasi KSP Swadana Karya Perkasa dalam mencapai keberdayaan dan kemandirian masyarakat Cibiru Indah VIII Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung secara umum dalam kategori baik; (3) faktor pendorong dan penghambat penghambat pada program pemberdayaan dan pemandirian ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh koperasi KSP Swadana Karya Perkasa : (a) faktor internal antara lain: usia produktif, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, pemikiran, wawasan dan pergaulan masyarakat. (b) faktor eksternal antara lain: akses terhadap informasi, kebijakan pemerintah, dan keterlibatan swasta dalam kegiatan pemberdayaan dan keterisolasian lokasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan; ekonomi; koperasi;
Subjects: Financial Economics, Finance
Cooperative
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sonia Putri Pertiwi
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:03
Last Modified: 13 Sep 2023 08:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77324

Actions (login required)

View Item View Item