Potensi modal sosial dalam meningkatkan partisipasi masyarakat : Penelitian di Daerah Aliran Sungai Sektor 6 Program Citarum Harum, Kabupaten Bandung

Rosadi, Salsabila (2023) Potensi modal sosial dalam meningkatkan partisipasi masyarakat : Penelitian di Daerah Aliran Sungai Sektor 6 Program Citarum Harum, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (245kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)

Abstract

Sungai Citarum mengalami kerusakan dan pencemaran yang tinggi diakibatkan dari berbagai macam persoalaan.Kehadiran program Citarum Harum, pemerintah berharap program ini dapat memberikan dampak baik. Potensi modal sosial dapat menghasilkan bentuk kerjasama antar indivi-individu yang mengarah pada kegiatan yang bersifat produktif, sehingga dapat menumbuhkan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Keterlibatan masyarakat dalam program Citarum Harum mempunyai peran penting, karena keberhasilan suatu program tanpa adanya partisipasi masyarakat tidak akan berjalan maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana satgas Citarum Harum sebagai potensi modal sosial dalam menigkatkan partisipasi masyarakat Sektor 6 Program Citarum Harum menggunakan pendekatan teori dari Cohen dan Uphoff yang dikutip dari Mohammad Mulyadi bahwa partisipasi dibedakan menjadi empat jenis yaitu, partisipasi dalam pengambilan keputusan, partisipasi dalam pelaksanaan, partisipasi dalam pengambilan manfaat, dan partisipasi dalam evaluasi dengan menggabungkan 3 unsur modal sosial yaitu kepercayaan, norma, dan jaringan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan yang diambil berupa observasi wawancara, dan dokumentasi. Sehigga data yang diperoleh diproses keabsahan datanya lalu dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa potensi modal sosial yaitu satgas sektor 6 dalam meningkatkan partisipasi adalah: pertama, keberhasilan satgas sektor 5dalam pendekatan meningkatkan partisipasi masyarakat ikut dalam kegiatan perencanaan pengambilan keputusan program, kedua, keberhasilan satgas sektor 6 mengajak masyarakat ikut serta dalam pelaksanaan program yaitu dengan menerapkan PHBS dan kontribusi tenaga. Ketiga, pengambilan manfaat, masyarakat menerima manfaat dari program dan keberhasilan satgas sektor 6 dalam mengajak masyarakatnya untuk memelihara dan menjaga lingkungan. Keempat, partisipasi dalam evaluasi, masyarakat tidak ikut terlibat dalam evaluasi program. Kendala yang dihadapi beragam, namun teratasi dengan baik. Keberhasilan potensi modal sosial dalam meningkatkan partisipasi masyarakat cukup berhasil dan efektif, terlihat pada keikutsertaan masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam tercapainya keberhasilan program Citarum Harum Sektor 6.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Potensi Modal Sosial; Satgas Sektor 6; Partisipasi Masyarakat; Program Citarum Harum
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Sociology and Anthropology, Society > Nonliterate Societies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Salsabila Rosadi
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:21
Last Modified: 14 Sep 2023 01:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77325

Actions (login required)

View Item View Item