Pemberdayaan masyarakat melalui program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan) dalam pelestarian lingkungan hidup

Nurrohmah, Yulia (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan) dalam pelestarian lingkungan hidup. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover yulia.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak yulia.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi yulia.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1 yulia.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2 yulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_bab3 yulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_bab4 yulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka yulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya persoalan lingkungan yang ada di Kampung Jamaras Desa Jatihandap, yaitu persoalan sampah yang selalu menjadi pembahasan utama, oleh karena itu Pemerintah Kota Bandung berupaya memberdayakan potensi lingkungan dan masyarakat dengan adanya program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, dan Manfaatkan) sampah yang bisa menciptakan lingkungan yang bersih dengan mengurangi, memilah, dan memanfaatkan sampah sehingga menjadi nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai program Kang Pisman dalam pelestarian lingkungan hidup, langkah-langkah program, dan hasil program Kang Pisman dalam pelestarian lingkungan hidup di Kampung Jamaras Desa Jatihandap. Teori yang digunakan terhadap penelitian ini yakni teori pemberdayaan masyarakat menurut Edi Suharto yaitu mampu membuat program yang bertujuan untuk meningkatkan potensi masyarakat agar masyarakat dapat mandiri sebagai hasil dari program tersebut. Pemberdayaan masyarakat mencakup beberapa pihak, yang terdiri dari pihak yang memberdayakan dan diberdayakan. Didukung dengan menerapkan pendekatan pemberdayaan masyarakat yang biasa disingkat 5P, yaitu: Pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Sehingga melalui program Kang Pisman yang memiliki konsep pembangunan berkelanjutan yang mengutamakan keberlangsungan lingkungan masyarakat bisa mandiri dan mencapai masyarakat yang adil dan makmur. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan sumber dari observasi yang dihubungkan dengan konteks pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Kang Pisman yang diterapkan di Kampung Jamaras Desa Jatihandap yaitu sudah berhasil menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan hidup, mengurangi sampah, memisahkan atau memilah sampah, dan memanfaatkan sampah sehingga menjadi nilai ekonomis bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; masyarakat; lingkungan hidup; Kang Pisman.
Subjects: Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nurrohmah Yulia
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:18
Last Modified: 14 Sep 2023 01:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77340

Actions (login required)

View Item View Item