Potensi pelabuhan Patimban terhadap ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang

Nurdianti, Sintia (2023) Potensi pelabuhan Patimban terhadap ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. SINTIA COVER.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. SINTIA ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan pelabuhan Patimban memiliki potensi yang besar dalam perkembangan sektor industri, perdagangan, dan jasa, serta dalam menjadikan Kabupaten Subang sebagai kota industri berkelas internasional. Namun, dalam pembangunan pelabuhan Patimban, terdapat pandangan beragam di kalangan masyarakat sekitar, terutama Desa Patimban terhadap proyek tersebut. Hal ini terjadi karena mereka secara langsung merasakan dampak dari pembangunan tersebut. Oleh karena itu, perlu dipahami secara jelas potensi-potensi apa yang dirasakan oleh masyarakat di Desa Patimban setelah adanya pembangunan pelabuhan Patimban. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui etos kerja masyarakat Patimban, mengetahui potensi ekonomi lokal Patimban, dan mengetahui hubugan ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat Patimban setelah kehadiran pelabuhan Patimban. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori potensi menurut Majdi (2007:29) yang menyatakan bahwa potensi merupakan segala kemungkinan yang memiliki peluang untuk bisa dikembangkan menjadi lebih besar. Maka dengan adanya pembangunan pelabuhan Patimban merupakan suatu peluang baik bagi Pemerintahan Desa maupun masyarakatnya untuk kesejahteraan ekonomi lokal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme. Subjek penelitiannya masyarakat Desa Patimban. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kehadiran pembangunan pelabuhan Patimban memberikan perubahan etos kerja masyarakat berupa kedisipilnan dalam jam kerja yang teratur, kerja keras dengan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan pihak Desa maupun pelabuhan, memiliki kepedulian terhadap keamanan hingga kesiapan belajar dalam beradaptasi dengan perubahan sosial ekonomi masyarakat. Potensi ekonomi lokal berkat pembangunan pelabuhan Patimban yaitu terbukanya lapangan pekerjaan sebesar 70%, peluang UMKM yang semakin beragam, dan peningkatan kualitas SDM. Dari potensi-potensi tersebut, masyarakat Patimban merasakan kebutuhan dasar hidup yang terpenuhi seperti sandang pangan papan yang tercukupi karena proses distribusi dari luar Patimban sudah tidak terhambat oleh jalan yang rusak. Dengan banyaknya pendatang, masyarakat Patimban juga merasakan peningkatan pendapatan yang terasa seiring dengan terbukanya potensi lapangan pekerjaan dan peluang usaha yang semakin beragam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Potensi; Pelabuhan; Perekonomian masyarakat
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sintia Nurdianti
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:22
Last Modified: 14 Sep 2023 01:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77341

Actions (login required)

View Item View Item