Pengaruh kesehatan mental terhadap motivasi belajar siswa dalam Mata Pelajaran PAI: Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Triyasa Bandung

Desfitri, Dhara (2023) Pengaruh kesehatan mental terhadap motivasi belajar siswa dalam Mata Pelajaran PAI: Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Triyasa Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di SMP Triyasa Bandung, yaitu mengenai rendahnya motivasi siswa dalam mempelajari PAI, yang dikaitkan dengan beberapa faktor, termasuk kesehatan mental. Adanya beberapa masalah seperti perundungan, masalah keluarga, dan variasi kepribadian siswa dapat mempengaruhi motivasi mereka dalam belajar. Sehingga salah satu Upaya yang dapat dilakukan adalah lebih memperhatikan kesehatan mental siswa dan meningkatkan semangat mereka dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kesehatan mental siswa kelas VIII SMP Triyasa Bandung: 2) Motivasi belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran PAI di SMP Triyasa Bandung: 3) Sejauh mana pengaruh kesehatan mental terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI pada siswa kelas VIII SMP Triyasa Bandung. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. Salah satunya adalah kesehatan mental. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh kesehatan mental terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori. Jumlah data sampel pada penelitian yaitu 32 siswa, yakni 25% dari jumlah populasi 125 siswa kelas VIII SMP Triyasa Bandung. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji liniearitas, analisis regresi liniear sederhana, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesehatan mental pada siswa kelas VIII SMP Triyasa Bandung termasuk pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,73: 2) Motivasi belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran PAI di SMP Triyasa Bandung termasuk pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 3,75: 3) Terdapat pengaruh antara kesehatan mental dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi liniear sederhana dengan nilai signifikansi 0,026 lebih kecil dari 0,05 (0,026 < 0,05) yang menunjukkan terdapat arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y yang bernilai positif. Kemudian dalam pengujian statistik uji parsial (t) dihasilkan nilai thitung sebesar 2,349 lebih besar dari nilai ttabel 2,042 dengan nilai signifikansi 0,026 < 0,05. Pengujian dengan koefisien determinasi memiliki hasil besaran nilai variabel kesehatan mental terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI sebesar 0,155 atau 15,5%. Artinya bahwa besarnya pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 15, 5% sedangkan 84,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan demikian terdapat pengaruh kesehatan mental terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI pada siswa kelas VIII SMP Triyasa Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Mental; Motivasi Belajar; PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhara Desfitri
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:47
Last Modified: 14 Sep 2023 04:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77359

Actions (login required)

View Item View Item