Pemberdayaan ekonomi Kaum Dhuafa melalui "Penyaluran Bantuan Modal Usaha Umkm Bangkit" : Studi deskriptif Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Jl Sanggar Kencana XXIII No.50 Kecamatan Buahbatu Kota Bandung

Fauzan, Dzaky (2023) Pemberdayaan ekonomi Kaum Dhuafa melalui "Penyaluran Bantuan Modal Usaha Umkm Bangkit" : Studi deskriptif Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Jl Sanggar Kencana XXIII No.50 Kecamatan Buahbatu Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Dalam menanggulangi masalah kemiskinan , maka Yatim Mandiri mengadakan program UMKM Bangkit yang memberikan pemberdayaan ekonomi dan pembinaan keislaman terhadap para dhuafa penerima manfaat. Yatim Mandiri memberikan bantuan yang dapat digunakan untuk operasional usaha, modal usaha dan set up. Diharapkan dengan adanya program ini para dhuafa menjadi lebih sejahtera dalam ekonomi dan memiliki kemampuan untuk menjadi mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program UMKM Bangkit melalui pelaksanaan program serta untuk mengetahui hasil pemberdayaan ekonomi kaum dhuafa melalui program UMKM Bangkit. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai pemberdayaan yang dijelaskan oleh Jim Ife dalam bukunya “Community Development Creating Community Alternative Vision, Analisis and Practice”, beliau mengungkapkan pemberdayaan ialah memberikan sumber daya, kesempatan, pengetahuan dan keahlian untuk meningkatkan kapasitas diri masyarakat di dalam menentukan masa depan mereka, serta berpatisipasi dan mempengaruhi kehidupan dalam komunitas masyarakat itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, klasifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, program UMKM Bangkit adalah program pemberdayaan para dhuafa yang sebelumnya sudah memiliki dagangan usaha namun kekurangan modal dengan memberikan pembinaan keagamaan Islam dan pemberdayaan ekonomi. Kedua, pelaksanaan program UMKM Bangkit melalui beberapa tahap yang dimulai dengan pengajuan via survei form UMKM, rekrutmen assesment, kemudian pemberian bantuan modal dan pembuatan branding usaha serta monitoring dan evaluasi. Ketiga, hasil pemberdayaan ekonomi kaum dhuafa program UMKM Bangkit tak hanya menjadikan kaum dhuafa dapat mandiri secara finansial atau ekonomi namun juga meningkat pula dalam intensitas peribadahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: dhuafa; modal; pemberdayaan ekonomi; UMKM;
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Capital
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dzaky Fauz dzaky Fauzan
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:13
Last Modified: 14 Sep 2023 01:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77389

Actions (login required)

View Item View Item