Manajemen strategik dalam mengintegrasikan kurikulum pondok pesantren dengan pendidikan formal: Penelitian di Pondok Pesantren Al-Qur`an Qiroatussab’ah Kudang Kecamatan Blubur Limbangan Kabupaten Garut

Syadiah, Wini Safroh (2023) Manajemen strategik dalam mengintegrasikan kurikulum pondok pesantren dengan pendidikan formal: Penelitian di Pondok Pesantren Al-Qur`an Qiroatussab’ah Kudang Kecamatan Blubur Limbangan Kabupaten Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan bahwa program-program unggulan pondok pesantren yang terintegrasi dengan pendidikan formal dapat menjadi jawaban atas kebutuhan dan tuntutan arus globalisasi. Pondok Pesantren Qiroatussab’ah Kudang Kecamatan Blubur Limbangan Kabupaten Garut adalah salah satu pondok pesantren yang sejak tahun 2011 telah merubah model pendidikannya dari tradisional menjadi modern dengan cara mengintegrasikan kurikulum pondok pesantren dengan pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategik dalam mengintegrasikan kurikulum pondok pesantren dengan pendidikan formal di Pondok Pesantren Qiroatussab’ah Kudang Kecamatan Blubur Limbangan Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling, teknik pengumpulan sumber data purposive sampling dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferability, dependability, dan confirmability. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) perumusan strategi dilakukan melalui: analisis lingkungan, penentuan visi/misi, tujuan, strategi, dan kebijakan, perencanaan integrasi kurikulum dilakukan dengan mengintegrasi tujuan kurikulum dan mengintegrasi pengorganisasian isi kurikulum dengan model integrasi-interkoneksi (2) implementasi strategi dilakukan melalui: penentuan program unggulan, anggaran, dan SOP setiap bagian, pelaksanaan integrasi kurikulum dilakukan dengan mengintegrasikan program pelaksanaan kurikulum dan mengintegrasikan supervisi pelaksanaan kurikulum. (3) evaluasi strategi dilakukan melalui: evaluasi integrasi kurikulum dilakukan dengan mengevaluasi kurikulum yang meliputi evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi produk. Manajemen strategik dalam mengintegrasikan kurikulum pondok pesantren dengan pendidikan formal di Pondok Pesantren Qiroatussab’ah Kudang Kecamatan Blubur Limbangan Kabupaten Garut telah terintegrasi hanya saja belum terdokumentasi seluruhnya dengan baik dalam upaya mencapai tujuan sekolah, madrasah dan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik; Integrasi Kurikulum; Pondok Pesantren; Pendidikan Formal
Subjects: Education, Research
Curricula > Curriculum Development
General Management > Education, Research of Management
Depositing User: Wini safroh syadiah
Date Deposited: 14 Sep 2023 05:49
Last Modified: 14 Sep 2023 05:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77398

Actions (login required)

View Item View Item