Fitriani, Syarah Alvia (2023) Hubungan aktivitas siswa mengikuti program Pembelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) dengan kemampuan membaca Al-Qur'an : Penelitian korelasional kelas XI DKV SMK Bakti Nusantara 666. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa yang kurang dalam membaca Al-Qur’an, dalam mengupayakan siswa agar lancar membaca Al-Qur’an pihak sekolah telah mengadakan program pembelajaran yang bernama Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui aktivitas siswa kelas XI DKV mengikuti program pembelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI), 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI DKV, 3) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat hubungan antara aktivitas siswa mengikuti program pembelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) dengan kemampuan membaca Al-Qur’an. Aktivitas siswa memegang peranan penting untuk mencapai keberhasilan dalam belajar Selain itu kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an perlahan akan semakin baik karena aktivitas siswa menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat korelasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas XI DKV SMK Bakti Nusantara 666 berjumlah 38 orang. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu; observasi, angket, tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; Analisis deskriptif, uji normalitas, uji regresi, analisis korelasional, uji t (hipotesis) dan uji pengaruh antara variabel X dengan Y. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Realitas aktivitas siswa mengikuti program pembelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,68 yang berada pada interval 3,40 – 4,19, 2) Realitas kemampuan membaca Al-Qur’an siswa berkategori baik dengan nilai rata-rata 72,86 yang berada pada interval 60-79 3) Realitas hubungan aktivitas siswa mengikuti program pembelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) dengan kemampuan membaca Al-Qur’an berkategori tinggi dengan koefisien korelasi sebesar 0,81 yang berada pada interval 0,70 – 0,90. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 10,3%. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 2,03 < ttabel 1,85. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima yang artinya terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dan variabel Y.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas;Kemampuan Membaca Al-Qur'an;Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarah Alvia Fitriani |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 04:05 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 04:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77400 |
Actions (login required)
View Item |