Hubungan aktivitas siswa mengikuti program Pembelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) dengan kemampuan membaca Al-Qur'an : Penelitian korelasional kelas XI DKV SMK Bakti Nusantara 666

Fitriani, Syarah Alvia (2023) Hubungan aktivitas siswa mengikuti program Pembelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) dengan kemampuan membaca Al-Qur'an : Penelitian korelasional kelas XI DKV SMK Bakti Nusantara 666. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa yang kurang dalam membaca Al-Qur’an, dalam mengupayakan siswa agar lancar membaca Al-Qur’an pihak sekolah telah mengadakan program pembelajaran yang bernama Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui aktivitas siswa kelas XI DKV mengikuti program pembelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI), 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI DKV, 3) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat hubungan antara aktivitas siswa mengikuti program pembelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) dengan kemampuan membaca Al-Qur’an. Aktivitas siswa memegang peranan penting untuk mencapai keberhasilan dalam belajar Selain itu kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an perlahan akan semakin baik karena aktivitas siswa menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat korelasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas XI DKV SMK Bakti Nusantara 666 berjumlah 38 orang. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu; observasi, angket, tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; Analisis deskriptif, uji normalitas, uji regresi, analisis korelasional, uji t (hipotesis) dan uji pengaruh antara variabel X dengan Y. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Realitas aktivitas siswa mengikuti program pembelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,68 yang berada pada interval 3,40 – 4,19, 2) Realitas kemampuan membaca Al-Qur’an siswa berkategori baik dengan nilai rata-rata 72,86 yang berada pada interval 60-79 3) Realitas hubungan aktivitas siswa mengikuti program pembelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) dengan kemampuan membaca Al-Qur’an berkategori tinggi dengan koefisien korelasi sebesar 0,81 yang berada pada interval 0,70 – 0,90. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 10,3%. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 2,03 < ttabel 1,85. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima yang artinya terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dan variabel Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas;Kemampuan Membaca Al-Qur'an;Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI)
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarah Alvia Fitriani
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:05
Last Modified: 15 Sep 2023 04:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77400

Actions (login required)

View Item View Item