Pengaruh Good Corporate Governance dan pengungkapan Sustainability Report terhadap kinerja keuangan perbankan milik BUMN di Indonesia

Adl Haqq, Nazla (2023) Pengaruh Good Corporate Governance dan pengungkapan Sustainability Report terhadap kinerja keuangan perbankan milik BUMN di Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover...pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak...pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi....pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy

Abstract

Perekonomian masyarakat Indonesia dikelola oleh Perbankan, perbankan itu sendiri merupakan sebuah lembaga yang mengatur, mengolah, dan menangani transaksi keuangan individu dan entitas lain di Indonesia. Oleh karena itu, efektivitas perbankan di Indonesia harus selalu diperhatikan agar kepercayaan masyarakat tetap terjaga dengan melakukan sistem Good Corporate Governance (GCG). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Pengungkapan Sustainability Report terhadap Kinerja Keuangan atau Return On Assets (ROA) baik secara parsial maupun simultan pada objek perbankan milik BUMN di Indonesia yang terdaftar pada bursa efek dan Corporate Governance Perception Index (CGPI) di Indonesia pada periode 2015 - 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian variatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan Teknik pengolahan data analisis regresi data panel dengan model Fixxed effect, Uji Hipotesis secara Parsial (Uji T), Uji Signifikan simultan (Uji F) dan Uji Koefisiensi Determinasi dengan tingkat signifikasi 0,05 atau 5.03% Hasil analisis menunjukan bahwa secara parsial, Good Corporate Governance (GCG) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Assets (ROA). pengungkapan Sustainability Report juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Selain itu, Good Corporate Governance (GCG) dan Sustainability Report sama sama dapat memengaruhi Return On Assets (ROA). Meskipun setiap tahunnya Good Corporate Governance (GCG) mengalami kenaikan dan Sustainability Report mengalami kenaikan yang fluktuatif, kedua variable tersebut sama sama dapat memengaruhi Return On Assets (ROA) atau Kinerja Keuangan. Model Regresi dalam penelitian ini memiliki nilai R2 sebesar 0,63610, yang menunjukan bahwa sekitar 63,61% variasi Return On Assets (ROA) dapat dijelaskan oleh variabel independen yang diteliti. Temuan ini memnunjukan adanya hubungan yang cukup kuat antara Good Corporate Governance (GCG) dan Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Return On Assets (ROA) terhadap Perbankan milik BUMN di Indonesia. Namun sekitar 36,39% variasi Return On Assets (ROA) dijelaskanoleh faktor faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance; Sustainability Report; Kinerja Keuangan; Perbankan
Subjects: Econmics > Capitalism Economics
General Management
General Management > General Publications of Management
General Management > Financial Management
General Management > Managerial Accounting
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nazla Adl Haqq Krisnawan
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:52
Last Modified: 14 Sep 2023 07:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77424

Actions (login required)

View Item View Item