Strategi pengembangan Desa Wisata berbasis Wisata Budaya Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi

Latifah, Zahra (2023) Strategi pengembangan Desa Wisata berbasis Wisata Budaya Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemerintah Kabupaten Bandung yang berfokus mengembangkan sektor pariwisata dalam program desa wisata, pada tahun 2022 sudah ada 50 desa yang telah terverifikasi, desa cinunuk menjadi salah satu desa wisata yang ditunjuk pada tahun 2011 namun hingga saat ini stagnan di klasifikasi berkembang dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat sekitar akan pengembangan potensi wisata, media promosi tidak dikelola dengan baik, kurangnya peran pemerintah desa, serta kurangnya sumber daya manusia yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dalam proses pengembangannya serta untuk mengidentifikasi strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan desa wisata cinunuk.Teori yang digunakan adalah teori Analisis SWOT (Rangkuti, 2021) yang terdiri dari empat dimensi Strength, Weakness, Opportunity, Threat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan berdasarkan Matriks Grand Strategy diketahui bahwa Desa Wisata Cinunuk berada di posisi Kuadran I, maka strategi yang dapat dilakukan adalah kombinasi dari Strategi SO yaitu Memanfaatkan hubungan kemitraan untuk kerjasama memperbaharui paket wisata dan meningkatkan fasilitas homestay, memanfaatkan adanya atraksi di desa wisata cinunuk yang telah mendapat pengakuan dari luar negeri sebagai upaya promosi, serta memanfaatkan partisipasi masyarakat untuk ikut menyelenggarakan suatu event untuk menampilkan atraksi seni budaya Desa Wisata Cinunuk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan; IFAS; EFAS; Analisis SWOT; Desa Wisata
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Socioeconomic Areas
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Zahra Latifah
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:00
Last Modified: 14 Sep 2023 02:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77427

Actions (login required)

View Item View Item