Nilai-nilai bimbingan Islami untuk mengatasi konflik pernikahan : Analisis isi buku Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia

Mumtazah, Salma Ulinnuha (2023) Nilai-nilai bimbingan Islami untuk mengatasi konflik pernikahan : Analisis isi buku Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Buku Surga yang Tak Dirindukan merupakan salah satu buku Asma Nadia jenis novel fiksi yang memfokuskan pada konflik pernikahan suami istri, namun tetap dibungkus dan nilai Islam. Dengan menjadikan Islam sebagai tumpuan agar mampu mengembalikan individu kembali kepada fitrahnya sesuai dengan ajaran agama Islam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pesan bimbingan, nilai-nilai bimbingan Islam, serta efek nilai dan pesan bimbingan Islam untuk mengatasi konflik pernikahan yang terkandung dalam buku "Surga yang Tak Dirindukan" karya Asma Nadia, bagaimana nilai-nilai ini dapat membantu individu mengatasi konflik pernikahan. Landasan teori yang digunakan mencakup teori nilai, bimbingan Islam, dan teori konflik pernikahan. Nilai merupakan suatu keyakinan yang mengarahkan untuk bertindak pada etika pola perilaku dan pemikiran benar atau salah dalam menentukan pilihan. Bimbingan Islam merupakan upaya individu untuk membangun fitrah dan kembali kepada fitrah supaya bahagia di dunia dan akhirat. Konflik pernikahan merupakan pertikaian antara suami istri yang disebabkan berbagai sumber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian kepustakaan (library research), dan metode penelitian analisis isi (content analysis) terhadap pesan dalam nilai-nilai bimbingan Islam untuk mengatasi konflik pernikahan dengan teknik analisis data yang dilakukan dengan mengidentifikasi, mengkategorikan, dan menganalisis pesan-pesan berkaitan konflik pernikahan dan solusi ajaran Islam.Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian ini dapat diketahui bahwa: pertama, isi pesan bimbingan yang terdapat dalam buku mengedepankan emosional dan etika. Kedua, nilai bimbingan yang terkandung melalui karakter dan situasi ceritanya ada aqidah, ibadah, dan akhlak. Ketiga, nilai bimbingan untuk mengatasi konflik pernikahan seperti komunikasi efektif, sabar, lemah lembut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai; Bimbingan Islami; Konflik Pernikahan
Subjects: Islam > Marriage and Family Life
Culture and Institutions > Marriage
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Salma Ulinnuha Mumtazah
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:48
Last Modified: 14 Sep 2023 03:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77432

Actions (login required)

View Item View Item