Strategi redaksi pemberitaan di Lembaga Penyiaran Publik TVRI Jawa Barat: Studi deskriptif pada program berita Jawa Barat Hari Ini di TVRI Jawa Barat

Adetya, Vira (2023) Strategi redaksi pemberitaan di Lembaga Penyiaran Publik TVRI Jawa Barat: Studi deskriptif pada program berita Jawa Barat Hari Ini di TVRI Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

TVRI Jawa Barat merupakan stasiun televisi daerah pertama milik pemerintah dan kini menjadi satu-satunya stasiun televisi lokal yang aktif dalam menyampaikan informasi melalui berbagai program tayangan yang dimilikinya. Sebagai Lembaga Penyiaran Publik yang didirikan oleh negara, TVRI berfungsi dalam melayani kepentingan masyarakat, menjadi media publik yang demokratis, aktif mempengaruhi proses pembuatan kebijakan publik serta bebas dari intervensi politik kekuasaan dan dominasi golongan. Adapun, tugas yang diemban TVRI antara lain memberikan pelayanan informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial serta melestarikan budaya bangsa untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat melalui penyelenggara penyiaran televisi yang menjangkau seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi redaksi pemberitaan di Lembaga Penyiaran Publik TVRI Jawa Barat pada program berita Jawa Barat Hari Ini dalam memenuhi fungsinya sebagai televisi publik milik negara yang netral, independent dan tidak komersial dalam memuat pemberitaan melalui tahapan pra produksi, proses produksi dan pasca produksi. Penelitian ini menggunakan Teori Hirarki Pengaruh Isi Media yang diperkenalkan oleh Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese. Teori ini menjelaskan pengaruh terhadap isi dari suatu pemberitaan media oleh pengaruh internal dan eksternal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, strategi redaksi pemberitaan di Lembaga Penyiaran Publik TVRI Jawa Barat pada program berita Jawa Barat Hari Ini dilakukan melalui tiga tahapan penting. (1) pra produksi, melakukan rapat redaksi dan menentukan rencana peliputan, melakukan riset dan pengumpulan informasi terdahulu, melakukan pengembangan ide dan gagasan, merumuskan strategi dari segi durasi penayangan berita dan melakukan pemilihan atau penyeleksian berita. (2) proses produksi, melakukan pengeditan dan penyusunan naskah berita, melakukan dubbing dan melakukan siaran program berita Jawa Barat Hari Ini. (3) pasca produksi, melakukan evaluasi dari segi teknis maupun non teknis dan melakukan upaya mengatasi adanya kendala atau hambatan saat produksi berlangsung. Ketiga tahapan ini dilakukan mengacu pada Pedoman Perilaku dan Standar Program Siaran (P3SPS) yang ditetapkan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) serta visi misi dan fungsi TVRI Jawa Barat sebagai Lembaga Penyiaran Publik dengan nilai dasar netral, independent dan tidak komersial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Redaksi; Berita; Televisi
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Vira Adetya
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:51
Last Modified: 14 Sep 2023 01:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77436

Actions (login required)

View Item View Item