Peran program Keluarga Harapan dalam meningkatkan kesejahteraan Keluarga Miskin : Studi deskriptif di Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi

Falah, Syafitri Nur (2023) Peran program Keluarga Harapan dalam meningkatkan kesejahteraan Keluarga Miskin : Studi deskriptif di Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan telah menjadi persoalan sosial yang terjadi di berbagai negara termasuk Indonesia. Kemiskinan dalam taraf perekonomian sosial sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial. Dalam menanggulangi hal tersebut tentunya memerlukan metode yang tepat dalam penanggulannya. Kebijakan Program Keluarga Harapan merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan yang ditujukan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia pada bidang kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui program-program yang dilaksanakan pada Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin. Tujuan lain yaitu mengetahui proses implementasi PKH dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin. selain itu, penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan PKH dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori peranan menurut Soerjono Soekanto (2007) bahwa peranan ialah perangkat tingkah laku yang dimiliki oleh seseorang yang memiliki kedudukan dalam suatu tatanan masyarakat, yang apabila ia telah menjalankan hak dan kewajibannya maka ia telah menjalankan peranan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini juga bersifat kualitatif, sehingga data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan memilih dan mengklasifikasikan data tersebut agar mempermudah dalam penarikan sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini terlihat pada adanya peningkatan taraf hidup pada masayarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok hidup melalui Bantuan Pangan Non Tunai, kemudahan dalam mendapatkan layanan kesehatan dan akses pendidikan yang dirasakan oleh keluarga penerima manfaat Kelurahan Cibeber.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program Keluarga Harapan; Kesejahteraan; Kemiskinan
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to The Poor
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Syafitri Nur Falah
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:28
Last Modified: 14 Sep 2023 02:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77450

Actions (login required)

View Item View Item