Pola komunikasi Dakwah Ustaz Iyas pada kegiatan keislaman : Analisis deskriptif pada kegiatan Dakwah Ustaz Iyas di Desa Jatiwangi Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka:

Fauziyyah, Iyam Maryam (2023) Pola komunikasi Dakwah Ustaz Iyas pada kegiatan keislaman : Analisis deskriptif pada kegiatan Dakwah Ustaz Iyas di Desa Jatiwangi Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka:. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_Cover)
cover baru iyam.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (8_Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah merupakan salah satu kewajiban setiap manusia khususnya bagi umat Islam, karena perintah dakwah datang langsung dari Allah SWT. Manusia lahir kedunia untuk menyebar luaskan ajaran-ajaran Islam yang berutujuan mengajak atau menyeru dalam hal kebaikan dengan bahasa atau perkataan yang lembut. Sehingga, mereka beriman kepada Allah SWT atas keinginannya sendiri dan tanpa ada rasa terpaksa. Seperti halnya Ustaz Iyas saat menyampaikan dakwahnya selalu dengan bahasa yang lembut dan mudah dipahami oleh jamaahnya. Ustaz Iyas memiliki keunikan pada dakwahnya yakni saat penyampaian dakwahnya selalu diselingi dengan syair-syair seperti syairan almarhum Ki Balap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menegtahui siapa Mad’u yang mengikuti kegiatan keislaman Ustaz Iyas, bagaimana materi dakwah Ustaz Iyas, bagaimana media dakwah Ustaz Iyas, bagaimana metode dakwah Ustaz Iyas. Teori yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teori unsur-unsur dakwah dan teori pola komunikasi yang meliputi 1) Pola Komunikasi Primer 2) Pola Komunikasi Sekunder 3) Pola Komunikasi Linear 4) Pola Komunikasi Sirkular. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma kontruktivisme. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode deskriptif dengan data primer. Sumber pengumpulan datanya yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dakwah Ustaz Iyas telah sesuai dengan teori Unsur Unsur dakwah yaitu meliputi 1) Siapa mad’u Ustaz Iyas yaitu orang tua, ibu-ibu dan bapak-bapak serta anak-anak. 2) Bagaimana materi dakwah Ustaz Iyas yaitu materi dakwahnya bersumber dari Al-Qur’an dan hadist dan mempertimbangkan tema dakwah dengan kebutuhan mad’u. 3) Bagaimana media dakwah Ustaz Iyas yaitu media yang digunakan yaitu media tulis dan media sosial serta menggunakan syair-syairan. 4) Bagaimana metode dakwah Ustaz Iyas yaitu menggunakan metode hikmah dan mauidzah hasanah. Selain itu, dakwah Ustaz Iyas sesuai juga dengan teori Pola Komunikasi Primer, Sekunder, Linear dan Sirkular.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Da’i; Mad’u; Pola Komunikasi; Kegiatan Keislaman.
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Iyam Maryam Fauziyyah
Date Deposited: 14 Sep 2023 05:22
Last Modified: 14 Sep 2023 05:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77480

Actions (login required)

View Item View Item