Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Sistem Indera Manusia (Penelitian pada Kelas XI IPA SMAN 1 Tanjungsiang-Subang)

Endah Hidayah, Endah (1210206030) (2014) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Sistem Indera Manusia (Penelitian pada Kelas XI IPA SMAN 1 Tanjungsiang-Subang). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada studi pendahuluan di sekolah, dimana pembelajaran masih teacher centered, serta rendahnya keaktifan dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Maka diperlukan model pembelajaran yang bersifat student centered. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas, keaktifan yaitu model PjBL. Melalui PJBL siswa diposisikan sebagai pusat belajar yang aktif sehingga pengalaman belajar lebih mendalam dan mantap, yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada sub materi sistem indera manusia. Model PjBL merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa di pusat pembelajaran. Adapun pada penelitian ini hasil belajar yang diteliti yaitu pada aspek kognitif saja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tanjungsiang tahun pelajaran 2013/2014. Semua anggota populasi digunakan sebagai sampel (sampling jenuh) dimana XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Adapun untuk teknik pengumpulan data yaitu menggunakan test dan non test. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, keterlaksanaan proses pembelajaran dengan model PjBL 95,3 % terlaksana. Adapun uji N-Gain menunjukkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen mencapai 0,65, sedangkan kelas kontrol hanya 0,39. Uji t menunjukkan thitung 33,434 > ttabel = 2,002, artinya model PjBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada sub materi sistem indera manusia, ha ini juga ditunjang dengan respon positif siswa terhadap model PjBL jauh lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Sistem Indera Manusia
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Human Physiology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2016 02:22
Last Modified: 15 Mar 2016 10:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item