Peran Rumah Cemara dalam menghilangkan Stigma dan Diskriminasi masyarakat kepada pengidap HIV/AIDS : Penelitian di Rumah Cemara Jl. Gegerkalong Girang No. 52 Bandung

Rahman, Afrizal (2023) Peran Rumah Cemara dalam menghilangkan Stigma dan Diskriminasi masyarakat kepada pengidap HIV/AIDS : Penelitian di Rumah Cemara Jl. Gegerkalong Girang No. 52 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
-cover.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
-abstrak.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
-daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
-bab1.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
-bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
-bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
-daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena sosial yakni stigma dan diskriminasi yang melekat kepada para penderita HIV/AIDS. Rumah Cemara adalah salah satu organisasi berbasis komunitas di Kota Bandung Jawa Barat, yang sejak awal dibentuk telah konsisten melakukan perlawanan terhadap stigma dan diskriminasi itu. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peran dari Rumah Cemara dalam menghilangkan stigma dan diskriminasi masyarakat kepada pengidap HIV/AIDS dan bagaimana bentuk program atau metode yang berada di Rumah Cemara dalam menghilangkan stigma dan diskriminasi masyarakat kepada pengidap HIV/AIDS. Penelitian ini menggunakan Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons, dalam teori ini dijelaskan bahwa berbagai elemen dalam masyarakat saling bergantung satu sama lain dalam menjalankan fungsi sosial mereka. Korelasi penelitian ini terhadap Teori Struktur Fungsionalisme Talcott Parsons adalah untuk memahami perubahan sosial. Dimana dalam hal ini fungsi dari Rumah Cemara dalam meminimalisir stigma dan diskriminasi yang ada dengan melakukan berbagai pendekatan dan metode kepada masyarakat bahkan pemangku kebijakan guna mewujudkan “Indonesia Tanpa Stigma”. Penelitian ini mengunakan Metode Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu Manager Program, Staff Project, dan Staff General di Rumah Cemara Bandung. Adapun Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk Teknik Analisis Data berangkat dari data yang ada di Rumah Cemara kemudian dilakukan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan terhadap data. Hasil penelitian menyatakan bahwa fungsi dari Rumah Cemara untuk meningkatkan kualitas hidup para pengidap HIV/AIDS dan pengguna narkoba. Selain itu Rumah Cemara memiliki visi yaitu untuk membangun mimpi Indonesia tanpa stigma dan diskriminasi, dimana semua manusia berhak mendapatkan kesempatan dan memperoleh haknya masing-masing untuk maju. Peran yang dilakukan Rumah Cemara dalam menghilangkan stigma dan diskriminasi masyarakat kepada pengidap HIV/AIDS melalui pendekatan advokasi perubahan kebijakan yang objektif bagi pengidap HIV/AIDS, dan menyebarkan informasi yang akurat melalui berbagai metode kampanye lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Rumah Cemara; HIV/AIDS; Stigma dan Diskriminasi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Communities > Community Sociology
Social Welfare, Problems and Services
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Afrizal Rahman
Date Deposited: 21 Sep 2023 00:37
Last Modified: 21 Sep 2023 00:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77533

Actions (login required)

View Item View Item