Pengaruh Cash Ratio (CR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Return On Assets (ROA) Pada Perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (IISI): Studi di PT Mayora Indah Tbk. periode 2012-2021

Dewi, Asty Kartika (2023) Pengaruh Cash Ratio (CR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Return On Assets (ROA) Pada Perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (IISI): Studi di PT Mayora Indah Tbk. periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Peneltian ini berlandaskan pada perbedaan hasil dari penelitian terdahulu mengenai pengaruh Cash Ratio (CR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Mayora Indah Tbk. Return On Assets (ROA) merupakan rasio yang mengukur kinerja perusahaan dengan memanfaatkan asset perusahaan untuk menghasilkan laba bersih. Semakin tinggi nilai ROA, semakin baik suatu perusahaan. Sehingga ROA sering dijadikan tolok untuk para investor dalam menilai kesehatan suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cash Ratio (CR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Return On Assets (ROA) secara parsial maupun secara simultanpada PT. Mayora Indah Tbk. Periode 2012-2021. Kerangka pemikiran pada penelitian yaitu Cash Ratio (CR) dan Quick Ratio (QR) berpengaruh negatif terhadap Return On Assets (ROA), sehingga ketika kedua variabel tersebut mengalami kenaikan maka diikuti penurunan pada Return On Assets (ROA). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dari laporan keuangan PT. Mayora Indah Tbk yang telah dipublikasikan. Dalam penelitian ini, teknik analisis yang digunakan diantaranya, analisis deskriptif, analisis asumsiklasik, analisis asosiatif, serta analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Cash Ratio (CR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung < tabel (1,666 < 2,306) serta signifikansi (0,134 > 0,05). Quick Ratio (QR) tidak berpengaruh signifikan terhadap (ROA) secara parsial diperoleh t_hitung < tabel (1,810 < 2,306) dengan signifikansi (0,108 > 0,05). Cash Ratio (CR) dan Quick Ratio (QR) secara simultan tidak berpengaruh signifikan (ROA) hal ini ditunjukkan dengan F hitung < F tabel (1,451 < 4,737) dan signifikansi (0,297 > 0,05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cash Ratio; Quick Ratio; Return On Assets
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Asty Kartika Dewi
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:19
Last Modified: 15 Sep 2023 03:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77537

Actions (login required)

View Item View Item