Bimbingan keagamaan dalam menangani problema Bullying di kalangan siswa: Penelitian di asrama Sekolah Menengah Kebangsaan Benoni Papar Sabah Malaysia

Surahman, Muhammad Haziq (2022) Bimbingan keagamaan dalam menangani problema Bullying di kalangan siswa: Penelitian di asrama Sekolah Menengah Kebangsaan Benoni Papar Sabah Malaysia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan keagamaan memegang peranan penting dalam menangani problema bullying pasien yang sudah menjadi kebiasaan dalam membully. Yaitu sesuatu proses dalam membantu seseorang agar bisa untuk merubah kebiasaan berperilaku bullying. Peran bimbingan keagamaan di perlukan untuk membentuk kehidupan pasien agar lebih baik dan bertanggung jawab dengan dirinya sendiri, karena salah satu penyebab seseorang terjerumus kepada problema bullying adalah kurangnya ilmu pengetahuan tentang keagamaan yaitu agama Islam, dan lingkungan yang mempengaruhinya sehingga ketika seseorang mempunyai masalah mereka melampiaskannya kepada hal-hal negative yang bisa merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui materi bimbingan keagamaan, metode bimbingan keagamaan dan tahap-tahapan bimbingan keagamaan dalam menangani problema bullying di kalangan siswa di SMK Benoni Papar Sabah. Teori yang dipakai adalah teori bimbingan keagamaan dan pendekatan behavioral yang mana teori ini merupakan proses bantuan yang diberikan oleh pembimbing kepada seseorang untuk membantu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi melalui proses keagamaan agar mereka tunduk dan patuh kepada Allah SWT. Bimbingan ini dapat menjadi wadah untuk mengatasi problema bullying dengan cara memberikan arahan-arahan yang baik sesuai dengan petunjuk Allah SWT sehingga pasien mengerti perilaku apa saja yang dilarang dalam ajaran Islam. Untuk menggali data peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi analisis. Penelitian ini bertujuan untuk menangani problema bullying di SMK Benoni Papar Sabah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dengan metode pengambilan kesimpulan dengan deduktif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa seseorang siswa sangat membutuhkan bimbingan keagamaan dan ilmu pengetahuan tentang agama Islam agar para siswa menghindari dari pada melakukan problema bullying dan mendekati perintah-perintah Allah SWT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Bullying
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Haziq Surahman
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:37
Last Modified: 15 Sep 2023 01:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77538

Actions (login required)

View Item View Item