Pengaruh total arus kas dan ukuran perusahaan terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2021

Rahmawati, Pitria (2023) Pengaruh total arus kas dan ukuran perusahaan terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal mencerminkan kondisi perusahaan dalam suatu negara karena mencakup hampir semua sektor industri. Salah satu komponennya adalah saham, dan harga saham memiliki peran penting dalam investasi karena merefleksikan kinerja perusahaan. Penelitian ini dilakukan karena adanya ketidaksesuaian antara teori dan fakta di lapangan. Dalam teori, kenaikan harga saham diasumsikan terjadi ketika perusahaan memiliki laporan arus kas yang baik dan ukuran perusahaan yang besar. Namun, kenyataannya terdapat beberapa perusahaan yang tidak sesuai dengan teori tersebut. Arus kas merupakan laporan yang menyajikan informasi tentang perubahan arus kas dan setara kas entitas selama satu periode yang diklasifikasikan berdasarkan aktivitas operasi, investasi dan pendanaan (Dwi Martani dkk, 2012). Ukuran perusahaan adalah perusahaan dimana dapat diklasifikasikan besar kecilnya dengan berbagai cara antara lain dengan melihat log total aktiva, log total penjualan dan kapitalisasi pasar (Pohan, 2018) dan Harga saham adalah harga yang terjadi di pasar saham pada waktu tertentu, yang akan sangat berarti bagi perusahaan karena harga tersebut menentukan besarnya nilai perusahaan (Darmadji dan Fakhruddin, 2012). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) besarnya pengaruh Total Arus Kas secara parsial terhadap Harga Saham. 2) besarnya pengaruh Ukuran Perusahaan secara parsial terhadap Harga Saham. dan 3) besarnya pengaruh Total Arus Kas dan Ukuran Perusahaan secara simultan terhadap Harga Saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan masing-masing perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2021. Alat uji statistik yang digunakan yaitu analisis uji asumsi klasik, statistik deskriptif, uji asosiatif berupa analisis regresi linier, analisis korelasi PPM, analisis koefisien determinasi (R2) dan uji signifikansi menggunakan uji t dan uji F. Keseluruhan proses pengolahan data menggunakan bantuan software SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Total Arus Kas secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham dengan hasil perhitungan nilai R Square sebesar 0,168 atau 16,8%, 2) Ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Saham dengan hasil perhitungan nilai R Square sebesar 0,053 atau 5,3%, dan 3) Total Arus Kas dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan hasil perhitungan nilai R Square sebesar 0,168 atau 16,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total arus kas; ukuran perusahaan; harga saham
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Pitria Rahmawati
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:28
Last Modified: 15 Sep 2023 01:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77546

Actions (login required)

View Item View Item