Efektivitas program penyaluran dana bantuan langsung tunai sebagai kompensasi pengurangan subsidi BBM di Kecamatan Panyileukan Kota Bandung Tahun 2022

Juanda, Muhammad Fariz (2023) Efektivitas program penyaluran dana bantuan langsung tunai sebagai kompensasi pengurangan subsidi BBM di Kecamatan Panyileukan Kota Bandung Tahun 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Program bantuan langsung tunai BBM merupakan jaminan sosial yang diberikan pemerintah yang bertujuan untuk memberikan bantuan cepat kepada mereka yang terdampak akan kenaikan harga BBM. Untuk mengukur program tersebut berjalan dengan baik atau tidak maka diperlukannya efektivitas. Maka dijelaskan bahwa efektivitas dari pelaksanaan program Bantuan langsung tunai adalah tercapainya tujuan membantu masyarakat miskin yang terkena dampak kenaikan harga BBM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan program penyaluran dana bantuan langsung tunai BBM di Kecamatan panyileukan berjalan efektif atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber dalam penelitian menggunakan dua jenis data yaitu data primer berasal dari informan melalui teknik observasi kelapangan dan melakukan wawancara dengan informan dan data sekunder berbentuk tindakan dengan hasil dokumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teori Budiani (2007) yang menyatakan efektivitas program dapat dilakukan dengan menggunakan variable-variabel berikut ini: 1) Ketepatan Sasaran Program, 2) Sosialisasi Program, 3) Tujuan Program, 4) Pemantauan Program Kesimpulan dari hasil penelitian ini menejelaskan bahwa Efektivitas program penyaluran dana bantuan langsung tunai di Kecamatan panyileukan kota bandung berdasarkan variable pertama yaitu ketepatan sasaran program telah tepat sasaran tersalurkan pada masyarakat miskin sesuai dengan laporan data penerimaan bantuan langsung tunai tersalurkan dikecamatan panyileukan, kemudian variable kedua sosialisai program masih belum optimal disebabkan kurangnya informasi mengenai program pada saat pelaksanaan program, ketiga variable tujuan program telah tercapai dilihat dari dampak pelaksanaan program pada masyarakat penerima bantuan, keempat variable pemantauan program telah terlaksana dengan baik dilihat dari tiga tahapan pemantauan kinerja program, pemantauan keamanan dan kepantuhan, pemantauan kepuasan pengguna yang dilakukan pemerintah kecamatan panyileukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bantuan Langsung Tunai; Efektivitas; Program;
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Juanda Muhammad Fariz Juanda
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:46
Last Modified: 15 Sep 2023 01:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77550

Actions (login required)

View Item View Item