Pengaruh penerapan standar akuntansi zakat, transparansi, dan pengendalian internal terhadap akuntabilitas keuangan pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di wilayah Provinsi Yogyakarta

Ali, Ahsan Wahdina (2023) Pengaruh penerapan standar akuntansi zakat, transparansi, dan pengendalian internal terhadap akuntabilitas keuangan pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di wilayah Provinsi Yogyakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy

Abstract

Banyak muzakki masih meragukan mengenai transparansi lembaga pengelola zakat dan bagaimana lembaga-lembaga tersebut bertanggung jawab atas pengelolaan dana zakat. Di titik ini, pengetahuan dalam bidang akuntansi sangat penting karena dapat membantu mengatur bagaimana lembaga pengelola zakat harus menyusun laporan keuangan dengan baik, sehingga tingkat akuntabilitasnya dapat dipahami dengan jelas dan semua aktivitasnya menjadi terbuka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak dari standar akuntansi zakat, tingkat transparansi, serta sistem pengendalian internal terhadap kualitas akuntabilitas keuangan di BAZNAS di wilayah Provinsi Yogyakarta. Penerapan standar akuntansi zakat memberikan informasi yang memungkinkan lembaga pengelola zakat untuk melaporkan pelaksanaan tanggung jawab dalam mengelola zakat secara tepat dan efektif dan memungkinkan lembaga pengelola zakat untuk melaporkan kepada publik atas hasil operasi dan penggunaan dana publik (dana ummat), hal tersebut temasuk kedalam faktor mempengaruhi akuntabilitas keuangan (Jajang, 2017). Akuntabilitas akan terimplementasi dengan baik apabila ada dukungan dari perangkat pengendalian internal yang memadai ditujukan dari penjaminan keakuratan informasi akuntansi, asset perusahaan yang dilindungi dan kepastian dari ketentuan hukum dan kebijakan manajemen yang telah dijalankan oleh seluruh pegawai dalam organisasi. (Hery, 2016) Populasi penelitian berjumlah 36 orang. Sampel penelitian berjumlah 36 orang dan Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan pendekatan sampling jenuh, yang berarti semua anggota populasi dijadikan sampel. Untuk menganalisis data, digunakan metode regresi linier berganda. Dari hasil uji secara parsial (Uji T), ditemukan bahwa variabel standar akuntansi zakat, transparansi, dan sistem pengendalian intern memiliki pengaruh yang signifikan terhadap akuntabilitas keuangan. Pada uji yang dilakukan secara bersama-sama atau simultan (Uji F), hasilnya menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut - standar akuntansi zakat, transparansi, dan sistem pengendalian intern - juga memiliki pengaruh signifikan terhadap akuntabilitas keuangan. Hasil koefisien deteminasi (R2) menunjukkan bahwa variabel standar akuntansi zakat, transparansi dan sistem pengendalian intern terhadap akuntabilitas keuangan sedangkan sisanya dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Standar Akuntansi Zakat; Transparansi; Sistem Pengendalian Intern Dan Akuntabilitas Keuangan;
Subjects: Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: ahsan wahdina ali
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:43
Last Modified: 18 Sep 2023 06:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77558

Actions (login required)

View Item View Item