Pengaruh regulasi emosi, optimisme, dan spiritualitas terhadap resiliensi mahasiswa tingkat awal UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Ilma, Istiana (2023) Pengaruh regulasi emosi, optimisme, dan spiritualitas terhadap resiliensi mahasiswa tingkat awal UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa tingkat awal adalah masa transisi dari remaja akhir menuju dewasa. Pada masa ini dibutuhkan resiliensi untuk bisa menghadapi tantangan dan permasalahan untuk bisa beradaptasi dengan situasi. Namun pada kenyataannya masih banyak mahasiswa tingkat awal yang memiliki resiliensi yang rendah. Dalam studi awal peneliti menduga adanya indikator regulasi emosi, optimisme dan spiritualitas yang rendah yang menyebabkan rendahnya resiliensi mahasiswa tingkat awal UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tujuan pada penelitian ini untuk melihat variabel mana yang sangat berpengaruh secara parsial dan bagaimana pengaruh secara simultan dari ketiga variabel tersebut terhadap resiliensi mahasiswa tingkat awal UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Analisis regresi berganda. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat awal UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik Convenience Sampling. Sebanyak 271 responden yang sesuai dengan kriteria menjadi sampel penelitian. Hasil analisis data menunjukan secara parsial variabel regulasi emosi (β= .669, t=13.590, p= .000), optimisme (β= .114, t=2.859, p= .005), dan spiritualitas (β= .349, t=7.395, p= .000) berpengaruh secara positif terhadap resiliensi. Kemudian hasil uji F simultan menunjukkan bahwa secara bersama-sama regulasi emosi, optimisme dan spiritualitas berpengaruh terhadap resiliensi mahasiswa tingkat awal dengan nilai � sebesar 0.498, artinya variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sebesar 49,8%, sedangkan sisanya sebesar 50,2% variabel-variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Regulasi Emosi; Optimisme; Spiritualitas; Resiliensi; Mahasiswa Tingkat Awal
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Istiana Ilma
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:41
Last Modified: 18 Sep 2023 05:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77561

Actions (login required)

View Item View Item