Desain komunikasi visual dalam layout buku dakwah: Analisis isi Buku Art of Dakwah Karya Felix Y. Siauw

Ramadhan, Farhan Denia (2023) Desain komunikasi visual dalam layout buku dakwah: Analisis isi Buku Art of Dakwah Karya Felix Y. Siauw. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Desain komunikasi visual dalam layout buku dakwah Art of Dakwah menjadi salah satu jalan agar dakwah semakin berkembang dalam berbagai media. Saat ini pengemasan dakwah harus lebih ditingkatkan agar sesuai dengan kebiasaan generasi muda, media buku yang disertai dengan media audio visual dapat merangsang penglihatan sehingga pesan dakwah tersampaikan lebih mudah. Berdasarkan pra penelitian yang sudah dilakukan terhadap buku Art of Dakwah, peneliti melihat isi buku tersebut memiliki banyak elemen tertentu berkaitan dengan isi dakwah dalam buku yang dapat diteliti untuk diambil sebaga pelajaran. Maka hal tersebut menjadi ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian. Tujuan dilakukannya peneitian ini adalah mengetahui pengorganisasian komponen sensasi komunikasi visual dalam layout buku Art of Dakwah, persepsi komunikasi visual dalam layout buku Art of Dakwah dan kesatuan dalam komunikasi visual dalam layout buku Art of Dakwah. Teori yang digunakan peneliti dalam analisis buku Art of Dakwah adalah teori Gestalt sebagai teori yang menjelaskan proses persepsi melalui pengorganisasian komponen sensasi yang memiliki pola hubungan serta kemiripan sehingga menjadi kesatuan. Teori pendukung yang digunakan yaitu teori semiotika. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan data primer dan data sekunder. Sumber pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa desain komunikasi visual dalam layout buku Art of Dakwah telah sesuai dengan teori Gestalt sehingga 1) teori Gestalt digunakan karena berisi proses pengorganisasian komponen yang saling berhubungan memiliki pola dan kemiripan sehingga menjadi satu kesatuan, 2) jenis persepsi yang digunakan terbentuk karena adanya kesamaan bentuk, kedekatan posisi, penutupan bentuk, kesenambungan pola dan kesamaan arah gerak, 3) kesatuan dalam visual buku Art of Dakwah terjadi karena kekuatan teori gestal terhadap persepsi visual sebagai perhatian pada bentuk yang menyusun konten berisi gambar sehingga konsentrasi kepada bentuk secara alamiah muncul dalam gambar membuat pembaca mudah memahami isi buku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Desain Komuikasi Visual; Layout; Buku Dakwah
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Farhan Denia Ramadhan
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:58
Last Modified: 15 Sep 2023 07:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77565

Actions (login required)

View Item View Item