Strategi Perum Perhutani dan Kelompok Tani Hutan dalam peningkatan pendapatan Wisata Hutan Pinus Batu Cakra Darmacaang Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat

Damayanti, Vina (2023) Strategi Perum Perhutani dan Kelompok Tani Hutan dalam peningkatan pendapatan Wisata Hutan Pinus Batu Cakra Darmacaang Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Ciamis merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Barat yang sedang mengembangkan bidang kepariwisataan pada kawasan hutan produksi yang diperuntukan untuk wisata rintisan yaitu Hutan Pinus Batu Cakra. Saat ini Kawasan wisata Hutan Pinus Batu Cakra dikelola oleh Perum Perhutani KPH Ciamis dan berkerjasama dengan Kelompok Tani Hutan Gordahsari Darmacaang, dan untuk kepemilikan Kawasan tersebut ialah Pemerintah Desa Darmacaang. Hutan pinus ini merupakan salah satu tujuan wisata alam yang terletak di kaki Gunung Syawal. Namun, dalam pengelolaannya pendapatan wisata Hutan Pinus Batu Cakra Darmacaang pada tahun 2020 dan 2022 ini tidak sesuai target yang telah ditentukan oleh Perum Perhutani dan Kelompok Tani Hutan. Hal tersebut disebabkan karna kurangnya strategi yang dilakukan oleh Perum Perhutani dan Kelompok Tani Hutan dalam pegelolaan wisata hutan pinus tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya yang dilakukan oleh Perum Perhutani dan Kelompok Tani Hutan serta Masyarakat dalam peningkatan pendapatan wisata hutan pinus yang di dalamnya terdapat peningkatan atraksi, sarana prasarana, aksesibilitas serta pengembangan wisata hutan pinus itu sendiri guna untuk meningkatkan promosi dan daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori menurut Winardi J (2017) terkait Strategi Organisasi yang mengusulkan beberapa aspek utama yang dapat meningkatkan pendapatan wisata hutan pinus, aspek tersebut adalah Tujuan, Kebijakan, dan Tindakan atau Program. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, strategi yang dilakukan oleh Perum Perhutani dan kelompok Tani Hutan dalam peningkatan pendapatan wisata hutan pinus batu cakra Darmacaang yaitu 1). Mempertahankan atraksi yang ada di dalam wisata hutan pinus dan pemandangan yang indah 2). Mengembangkan konsep wisata alam yang yang diterapkan dengan cara berbeda dengan wisata lainnya sehingga memiliki ciri khas khusus dibandingkan wisata para pesaing. 3). Melakukan promosi wisata diberbagai media sosial dengan berbagai informasi wisata mengenai kelebihan fasilitas sehingga dapat menarik minat calon pengunjung agar dapat meningkatkan jumlah pengunjung. 4). Memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan fasilitas sarana dan prasarana untuk penghindari penurunan pengunjung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Peningkatan Pendapatan; Hutan Pinus Darmacaang
Subjects: Public Finance
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Vina Damayanti
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:17
Last Modified: 15 Sep 2023 02:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77593

Actions (login required)

View Item View Item