Implementasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) no.102 tentang akuntansi Murabahah pada Koperasi Asy-Syirkah Indonesia

Maula, Assegaf Abdel (2023) Implementasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) no.102 tentang akuntansi Murabahah pada Koperasi Asy-Syirkah Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy

Abstract

Pembiayaan murabahah merupakan produk pembiayaan unggulan di Koperasi Asy-Syirkah. Koperasi Asy-Syirkah dalam pembuatan laporan murabahah harus sesuai dengan PSAK No.102 yang mengatur tentang akuntansi murabahah, baik dalam aspek pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan. Adapun dalam pelaksanaan transaksi murabahah di Koperasi Asy-Syirkah belum sepenuhnya sesuai, seperti tidak memberikan denda kepada nasabah yang lalai dalam melunasi kewajibannya. PSAK 102 merupakan panduan yang mengatur bagaimana pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan terkait transaksi murabahah. Entitas syariah yang terlibat dalam akad murabahah, baik sebagai penjual maupun pembeli, diwajibkan untuk mematuhi pedoman yang terdapat dalam PSAK 102 terkait akuntansi murabahah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme pembiayaan murabahah, perlakuan akuntansi murabahah dan kesesuaian PSAK No. 102 dalam penerapan akuntansi murabahah di Koperasi Asy-Syirkah Indonesia. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif degan pendekatan deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam melakukan teknik analisa data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada proses mekanisme pembiayaan murabahah belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK No.102. Karena koperasi tidak memberikan denda dalam bentuk apapun dan tidak memberikan potongan piutang murabahah walaupun nasabah telah melakukan kewajibannya lebih cepat. Proses pencatatan akuntansi transaksi pembiayaan murabahah belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK No.102. Sedangkan dalam penerapan PSAK No.102 terhadap akuntansi murabahah di Koperasi Asy-Syirkah sudah sesuai dengan PSAK No.102, akan tetapi pada aspek pengakuan dan pengkuran belum sepenuhnya mengimplementasikan PSAK No.102.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PSAK No.102; Pembiayaan Murabahah; Akuntansi Murabahah
Subjects: Accounting
Accounting > Advanced Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Assegaf Abdel Maula
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:44
Last Modified: 18 Sep 2023 06:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77594

Actions (login required)

View Item View Item