Pelaksanaan Akad Ijarah Bagi Tenaga Kerja Pembantu Rumah Tangga Di Komplek Perumahan Desa Nanggerang Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi

Samsul Arifin, Endang (2004) Pelaksanaan Akad Ijarah Bagi Tenaga Kerja Pembantu Rumah Tangga Di Komplek Perumahan Desa Nanggerang Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (2).pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abtrak.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (2).pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1 (2).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)

Abstract

Masalah yang sering muncul ke permukaan dewasa ini dalam dunia ketenaga-kerjaan adalah masalah yang menyangkut perjanjian kerja (akad) terutama menyangkut sistem pengupahannya (akad ijarah), yaitu lentang hak untuk mendapatkan upah yang layak bagi tenaga kerja. Daiam hal ini adalah perjanjian kerja (akad) menyangkut sistem pengupahan (akad ijarah) di wilayah sektor informal yaitu bagi tenaga kerja pembantu rumah tangga di Komplek Perumahan Desa Nanggerang Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan akad ijarah serta analisis Fiqh Muamalah tentang pelaksanaan akad ijarah bagi tenaga kerja pembantu rumah tangga di Komplek Perumahan Desa Nanggerang Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Penelitian mi bertolak dari pemikiran bahwa setiap orang yang melakukan suatu ikatan perjanjian kerja (akad), haruslah melaksanakan isi perjanjian kerja tersebut secara konsisten dan penuh tangggung jawab. Selain itu,karena kelancaran sistem pengupahan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam menjaga stabilitas dunia ketenagakerjaan.Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitis, sedangkan tekmk pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara dengan para pembantu rumah tangga dan para majikan yang ada di Komplek Perumahan Desa Nanggerang. observasi yang menjadi data primer dan studi kepustakaan atau buku-buku vang menunjang dalam penulisan skripsi ini merupakan data sekutider Analisis' ang di lakukan Yaitu dunulai dengan pengumpulan data secara lengkap kemudian menyeleksi dan mengklasifikasikan data sesuai dengan tujuan penelitian dan terakhir adalah menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapatlah diketahui bahwa pelaksanaan akad ijarah bagi tenaga kerja pembantu rumah tangga di Komplek Perumahan Desa Nanggerang dapat dikatakan memiliki variasi yang cukup beragam, mulai dari keragaman bentuk perjanjian, jenis pekerjaan, masa berlakunya perjanjian kerja, sampai dengan keragaman menyangkut sistem pembayaran upah. Akan tetapi, meskipun terdapat keragaman variasi, namun semua itu tetap sesuai dengan aturan-aturan hukum Islam yang mengaturnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: hal 57 bab 3 tidak ada
Uncontrolled Keywords: Akad Ijarah ,Kerja Pembantu Rumah Tangga,Perumahan Desa Nanggerang
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:16
Last Modified: 06 Dec 2023 04:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77649

Actions (login required)

View Item View Item