Rohmaniyah, Rosy Tasliyatul (2023) Efektivitas penerapan Education Management Information System 4.0 sebagai sistem informasi madrasah dengan pendekatan Technology Acceptance Model: Penelitian pada madrasah tsanawiyah swasta di Kecamatan Malangbong. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan EMIS 4.0 sebagai sistem informasi manajemen madrasah yang bertujuan untuk menyediakan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan, pengembangan sistem informasi manajemen berbasis komputer memerlukan orang-orang yang mempunyai keterampilan tinggi dan berpengalaman serta memerlukan partisipasi dari para manajer organisasi. Berdasarkan diskusi awal dengan operator madrasah peneliti menemukan beberapa permasalahan diantaranya keterbatasan sumber daya manusia yang dimiliki oleh lembaga pendidikan, ketidak sesuaian latar belakang pendidikan operator madrasah dengan tugasnya sebagai operator, Operator madrasah memiliki tugas lain diluar tanggungjawabnya sebagai operator madrasah serta terdapat operator madrasah yang mengelola sistem EMIS lebih dari satu lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas EMIS 4.0 sebagai sistem informasi madrasah di Madrasah Tsanawiyah Swasta Se-Kecamatan Malangbong dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan operator madrasah sebagai responden penelitiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian expost-facto Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner, pengelolaan data yang diperoleh menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ha1 diterima Dukungan Manajemen (MS) berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Kegunaan (PU) p-values 0.016. Ha2 diterima Dukungan Manajemen (MS) berpengaruh signifikan terhadap Penggunaan Nyata (AU) p-values 0.022. Ha3 diterima Pengalaman (EX) berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Kemudahan (PEOU) p-values 0.016. Ha4 diterima Pelatihan (TR) berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Kemudahan (PEOU) p-values 0.007. H05 diterima Persepsi Kegunaan (PU) tidak berpengaruh signifikan terhadap Sikap Terhadap Penggunaan (ATU) p-values 0.416. Ha6 diterima Persepsi Kegunaan (PU) berpengaruh signifikan terhadap Minat Penggunaan (BITU) p-values 0.047. Ha7 diterima Persepsi Kemudahan (PEOU) berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Kegunaan (PU) p-values 0.000. H08 diterima Persepsi Kemudahan (PEOU) tidak berpengaruh signifikan terhadap Sikap Terhadap Penggunaan (ATU) p-values 0.113. Ha9 diterima Sikap Terhadap Penggunaan (ATU) berpengaruh signifikan terhadap Minat Penggunaan (BITU) p-values 0.029. Ha10 diterima Minat Penggunaan (BITU) berpengaruh signifikan terhadap Penggunaan Nyata (AU) p-values 0.025.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Education Management Information System; Technology Acceptance Model |
Subjects: | Data Processing, Computer Science General Management General Management > Information Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rosy tasliyatul rohmaniyah |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 08:32 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 08:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77663 |
Actions (login required)
View Item |